Indonesia Sanggup Borong Medali Asian Games?

Tim Editor

(Foto: asiangames2018.id)

Jakarta, era.id - Indonesia menargetkan sejumlah medali di perhelatan Asian Games tahun ini, yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Sebagai tuan rumah, Indonesia tentunya ingin pencapaian yang lebih baik ketimbang yang diperoleh pada Asian Games 2014.

Dilansir dari sejumlah sumber, selain bulutangkis, beberapa cabang olahraga yang diprioritaskan untuk meraih medali oleh Menpora Imam Nahrawi adalah angkat besi, renang, atletik, panahan, pencak silat, panjat tebing, taekwondo, dan dua cabang debutan; jetski dan bridge. Seluruh cabang olahraga ini setidaknya ditargetkan mendapat satu hingga dua medali emas.

Target yang dicanangkan Menpora untuk cabang-cabang olahraga tersebut sepertinya tidak muluk-muluk, mengingat pada Asian Games sebelumnya Indonesia hanya mampu meraih satu medali perak dan satu medali perunggu untuk angkat besi dan satu medali emas untuk atletik dari total 20 medali yang disabet.

Demi mendapatkan hasil terbaik, sejumlah persiapan dilakukan tim Merah Putih. Selain kembali mengandalkan atlet peraih medali di Asian Games 2014; Sri Wahyuni Agustiani dan Eko Yuli Irawan (angkat besi) dan Maria Natalia Londa (atletik) Indonesia juga menggenjot kesiapan atlet-atlet lainnya.

Khusus dua cabang olahraga yang menjadi debutan; jetski dan bridge, persiapan digenjot secara maksimal. Jetski akan difokuskan pada latihan penuh dan proses mix and match, sedangkan bridge dengan mengikuti sejumlah uji coba sekaligus training camp sejak 14-28 Februari 2018.

Sepanjang keikutsertaan Indonesia pada Asian Games dari 1951 sampai 2014, tim Merah Putih selalu membawa pulang medali. Dari sekian banyak cabang olahraga yang dipertandingkan di pesta olahraga Asia ini, bulutangkis tentunya menjadi cabang olahraga yang paling banyak mendulang medali emas, dengan total raihan 26 medali emas. 

Menjelang Asian Games 2018, Indonesia memasang target masuk 10 besar dengan proyeksi perolehan medali sekitar 20 emas. Diperkirakan ada 9-15 cabang olahraga yang memiliki potensi meraih medali emas. Selain 10 cabang olahraga yang disebutkan di atas, Indonesia juga menaruh harapan pada cabang olahraga boling, kano, sepeda, karate dan wushu. 

Kendati demikian, dilansir dari Antara, Menpora akan menentukan target medali bagi setiap cabang olahraga di Asian Games ini pada Juni 2018. Menurutnya, proyeksi sebelumnya hanya perkiraan saja.

Tag: asian games

Bagikan: