Putin Heran Jack Ma Pensiun dari Alibaba

Tim Editor

Jack Ma di acara penutupan Asian Games 2018 (Foto: INASGOC)

Jakarta, era.id - Ketika Jack Ma memutuskan pensiun dari Alibaba, banyak pihak yang terkejut, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin.

Putin menyampaikan keherannya itu saat Jack Ma menghadiri event Eastern Economic Forum yang digelar di Valdivostok, Rusia. Saat itu Putin yang semeja dengan Jack Ma, langsung menanyakan alasan Ma untuk pensiun dini.

"Saya ingin bertanya pada pria muda yang duduk di sana sambil memakan snack Rusia, Jack Ma. Anda masih begitu muda, kenapa Anda mau pensiun?" tanya Putin yang dikutip dari South China Morning Post, Jumat (14/9/2018).

Pria yang akrab disapa Ma itu pun tampak terkejut mendengar pertanyaan tersebut. Kemudian, dia mengatakan kepada Putin bahwa dia bukan lagi seorang pemuda.

"Saya menghabiskan ulang tahun yang ke-54 di Rusia. Saya telah menjalankan Alibaba selama 19 tahun dan meraih sesuatu, tapi masih ada banyak hal yang saya harap bisa dicapai, seperti di filantropi dan pendidikan," jawab Ma.

Putin langsung tertawa mendengar perkataan Ma. "Anda lebih muda daripada saya. Saya sudah 66 tahun," kata sang Presiden yang masih aktif memimpin Rusia itu.

Keputusan pensiun dini Ma memang termasuk hal langka dalam dunia bisnis karena di China, banyak pemilik perusahaan masih memimpin sampai usia lanjut. Tapi Ma sudah yakin dengan keinginannya. Pada September 2019, posisinya sebagai Executive Chairman akan digantikan CEO Alibaba Daniel Zhang.

Melalui sebuah surat, Jack Ma berkisah tentang apa saja yang sudah dia lalui selama ini untuk membangun Alibaba. Jack Ma juga bilang kalau Daniel Zhang adalah sosok paling tepat untuk menggantikan dirinya. Analisa Daniel sangat jempolan dan salah satu sosok yang sudah bikin Alibaba menjadi perusahaan luar biasa.

"Pemikiran analisisnya sulit ditandingi, ia sangat memegang teguh misi dan visi kami," puji Jack Ma ke Daniel Zhang, Senin (10/9).

Tag: vladimir putin jack ma

Bagikan: