Yoga pada Anak Bermanfaat Melatih Konsentrasi

| 20 Sep 2018 17:27
Yoga pada Anak Bermanfaat Melatih Konsentrasi
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Yoga diperuntukkan bagi siapa saja, baik kalangan dewasa, hingga anak-anak. Sebab, yoga ini sangat baik untuk melatih motorik dan konsentrasi.

Instruktur yoga Deera Dewi, tak hanya mengolah tubuh, yoga juga bisa membantu proses tumbuh kembang pada anak.

"Anak kecil bagus diikutkan yoga. Itu untuk melatih motoriknya, untuk fokus dia dan daya ingat ya, karena kan menghapal gerakan-gerakan. Dengan yoga, akan meningkatkan fokus konsentrasi mereka," ujar Deera dilansir dari Antara, Kamis (20/9/2018).

Enggak percaya? Coba saja, anak kamu diikutkan kelas yoga. Setelah itu, perhatikan perbedaaannya. Paling tidak, yoga membuat anak menjadi tenang menghadapi sesuatu, seperti ujian kelas.

"Anak yang berlatih yoga dan tidak itu akan terlihat saat mereka exam. Anak-anak yang ikut yoga akan lebih tenang mengerjakannya. Karena mereka kan terbiasa fokus dan konsentrasi," lanjut Deera.

Nah, gerakan yang diajarkan pada yoga anak-anak juga berbeda dengan orang dewasa. Pada yoga anak-anak, mereka akan mengenal gerakan yoga dengan cara bermain atau mengikuti gaya-gaya binatang.

"Anak kecil itu yoganya bermain bukan yang kayak orang dewasa, jadi enggak bakal gimana-gimana gerakannya. Misalnya gaya-gaya kayak cat pose, dog pose, elephant pose, yang lucu-lucu aja. Posisi pohon, tree pose, berarti mereka arus diam kayak pohon. Di sini, kita mengajarkan mereka untuk bisa konsentrasi," papar Deera.

Untuk anak-anak, durasi yoga tidak terlalu lama yakni sekira 30-40 menit saja. Peminat yoga anak pun sekarang sudah cukup banyak, karena melihat kebiasaan orang tuanya untuk berolahraga.

"40 menit itu udah lama banget ya. Pengalaman saya ngajar yoga anak, kalau sudah di atas 20 menit udah enggak karuan tuh, mereka udah ke mana-mana," katanya.

Rekomendasi