Apa Itu Hot Yoga? Simak Penjelasan dan Manfaatnya di Sini

| 28 Jun 2023 10:15
Apa Itu Hot Yoga? Simak Penjelasan dan Manfaatnya di Sini
Ilustrasi gerakan yoga. (Unsplash).

ERA.id - Yoga tentunya bukanlah olahraga baru dan sudah menjadi rutinitas sebagian besar orang. Olahraga yoga ini kerapkali dihubungkan dengan meditasi. Namun ternyata yoga merupakan olahraga yang lebih dari sekedar meditasi. Disebut lebih dari meditasi karena olahraga yoga dapat membakar kalori tubuh Anda dengan maksimal jika diterapkan dengan tepat dan rutin.

Gerakan dan jenis yoga juga tidak hanya itu-itu saja. Namun, gerakan dan jenisnya bermacam-macam. Salah satunya yaitu hot yoga atau yang populer dengan nama bikram yoga. Apa itu hot yoga? Hot yoga adalah jenis yoga yang prosesnya dilaksanakan di tempat yang hangat dan mempunyai kelembaban yang baik. Suhu ruangan yang digunakan diatur sedemikian rupa hingga 40 derajat celcius dengan tingkat kelembapan 40%.

Ilustrasi penelitian tentang yoga untuk menyembuhkn trauma (Unplash/JD Mason)

Hot yoga pada umumnya terdiri dari beberapa rangkaian dan dilakukan selama 90 menit. Mulai dari gerakan berdiri sampai gerakan peregangan. Ketika melakukan beberapa macam posisi dari hot yoga ini, diperlukan konsentrasi karena memerlukan kontraksi panjang dan kuat yang menyasar pada otot.

Posisi yang dilakukan bertujuan untuk menambah detak jantung dan melatih otot tubuh Anda. Namun kalori yang terbakar dari hot yoga ini tidak cukup banyak untuk membantu menurunkan berat badan. Hot yoga ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang sedang hamil atau mempunyai masalah kesehatan misalnya dehidrasi, penyakit jantung, dan intoleransi terhadap panas. Serta pastikan Anda terhidrasi dengan baik.

Jenis olahraga satu ini juga memberikan beberapa manfaat baik bagi tubuh, antara lain:

Meredakan Stres

Hot yoga yang dijalankan dalam beberapa menit secara rutin ini mampu menurunkan tekanan darah sehingga tubuh Anda akan terasa rileks kembali. Tubuh yang rileks akan menjadikan tingkat stres seseorang menurun. Sehingga seseorang dapat lebih aktif dan semangat dalam menjalankan aktifitas.

Mengubah Gaya Hidup

Menjalankan yoga juga akan membantu mengubah gaya hidup Anda. Terutama saat melakukan hot yoga ini. Anda harus mempersiapkan beberapa hal yang selanjutnya harus dapat beradaptasi dengan kebiasaan tersebut. Anda harus rutin dan rajin mengonsumsi air putih dengan takaran yang sesuai kebutuhan dan rujukan harian.

Ketika Anda menjalani hot yoga, sebaiknya jangan minum terlalu banyak namun pastikan tubuh mampu menjalani proses hot yoga hingga selesai dengan memastikan sudah terhidrasi dengan baik. Anda harus terlebih dahulu mengisi perut dengan makanan yang tidak terlalu berat seperti buah-buahan. Sebaiknya jangan terlalu lapar dan terlalu kenyang sebelum melakukan hot yoga.

Gunakan baju yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Baju yang nyaman akan menjadikan Anda leluasa bergerak dengan ringan. Gunakan baju dengan daya serap keringat yang baik sebab hot yoga ini terdiri dari pose berat yang dapat menguras keringat Anda. Jika dirasa tidak terlalu kuat saat proses hot yoga, kurangi kekuatan gerakan secara perlahan. Anda juga disarankan untuk tidak memaksakan beban berat pada tubuh terlalu lama.

Menstabilkan Hormon

Menjalankan yoga juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat. Metabolisme tubuh yang kurang lancar dapat disebabkan karena hormon kortisol yang tinggi. Dengan menjalankan hot yoga, Anda dapat terbantu mengurangi hormon kortisol yang menstimulasi peningkatan berat badan.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu hot yoga, semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi