Ternyata, Alat Ajaib Doraemon Ini Benaran Ada

Tim Editor

Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta, era.id - Untuk kalian yang pernah nonton serial kartun asal Jepang, Doraemon, pasti enggak asing lagi dengan kata-kata 'kantong ajaib'. Ya, kantong milik robot yang konon berasal dari abad 22 ini bisa mengeluarkan benda-benda berteknologi canggih.

Dalam film kartun yang mulai populer tahun 80-an hingga 90-an ini, Doraemon dibekali kantong ajaib yang bisa nyimpen sejumlah gadget ajaib, yang belom pernah diciptakan manusia di abad 21. Semua ada di kantong itu, termasuk untuk mendukung kegiatan yang belum mungkin dilakukan manusia saat ini.

Jika kamu berpikir kalau alat-alat Doraemon itu cuman khayalan, kamu salah gengs. Saat ini pelan-pelan peralatannya mulai diciptakan lho. Enggak percaya? Simak yuk peralatan Doraemon yang kini jadi kenyataan, seperti dikutip laman paragram.id.

Baling-baling bambu
 
1. Baling-baling bambuGEN H4, gadget yang dibuat seperti konsep baling-baling bambu Doraemon. (Foto: youtube.com)

Gadget canggih yang keliatannya biasa aja ini ternyata bisa nerbangin orang lho. Kalo di serial kartunnya, kita bisa liat Doraemon cuman ngeluarin alat itu, terus ditempel di kepala dan bisa terbang deh.

Di dunia nyata, alat ini memang belom ada. Tapi yang mendekati ada dan dibuat oleh perusahaan asal Jepang, GEN Corporation. Gadget ini diberi nama GEN H4. Alat ini bisa nerbangin orang, tapi enggak sesimpel baling-baling bambu milik Doraemon.

Gadget ini bentuknya seperti helikopter mini. GEN H4 ini akan dipasarkan dengan harga 85.000 dolar AS. Alat ini dibuat untuk memenuhi harapan penerbangan personal.

'Konyaku' penerjemah

2. 'Konyaku' penerjemahTeknologi Google Translate (mashable.com)

Doraemon pernah mengeluarkan alat yang kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi 'Konyaku Penerjemah'. Ya, alat ini digunakan Doraemon kalo bertualang sama temen-temennya ke negeri asing. Bentuknya adalah gel yang kalo dikunyah jadi paham banyak bahasa.

Saat ini, memang belum ada sih alat secanggih itu. Tapi kini, kita punya mesin penerjemah macem Google Translate. Dengan kecerdasan buatan (AI) dan jaringan internet, kita bisa menerjemahkan kata ke lebih dari 100 bahasa.

Mesin pembaca mimpi

3. Mesin pembaca mimpiHebat bener dah, mimpi juga bisa diliat orang. (youtube)

Alat supercanggih ini dikeluarkan Nobita saat dia enggak bisa tidur. Alat ini bisa ngintip deh tuh mimpi aja dan ditayangkan lewat sebuah layar. Di dunia nyata, seorang ilmuwan Amerika Serikat (AS) berhasil menciptakan mesin pembaca mimpi. Alat itu dikasih nama NeuroSky.

Jubah tembus pandang

4. Jubah tembus pandang

Kalo di serial Doraemon, alat ini cuman kain putih. Tapi jangan salah, penggunanya atau benda yang diselimutin bisa enggak keliatan lho. Nah, jubah ini pernah diwujudkan juga nih. Tim ilmuwan dari Jepang dan Amerika Serikat pernah merealisasikannya sejak 2006. Kini, jubah tembus pandang ini masih dalam tahap pengembangan. Menurut para ahli, jubah itu baru bisa sempurna sekitar 10 tahun mendatang.

Ensiklopedia serba tahu

7. Ensiklopedia serba tahu

Alat canggih lain milik Doraemon yang siap memanjakan hidup Nobita adalah 'Ensiklopedia Serba Tahu'. Dengan alat ini, Nobita enggak bakal lagi kesulitan ngerjain PR-nya. Dalam kehidupan kita, Ensiklopedia Serba Tahu ini sebelas-dua belas lah sama teknologi-teknologinya Google juga. Ya, kalo kamu biasa googling sesuatu, kamu berarti kayak lagi dibantuin Doraemon.

Tag: yang unik

Bagikan: