Bualan Ratna Sarumpaet Terekam dalam Deretan Lagu

| 04 Oct 2018 13:09
Bualan Ratna Sarumpaet Terekam dalam Deretan Lagu
Ratna Sarumpaet (Mahesa/era.id)
Jakarta, era.id - Kebohongan yang dilakukan aktivis Ratna Sarumpaet memang konyol. Di saat Indonesia berduka akibat gempa dan tsunami yang menerjang sejumlah daerah di Sulawesi Tengah, kisah 'recehanan' menyelinap di antara air mata masyarakat Palu, Donggala dan Sigi.

Untungnya, tidak semua masyarakat Indonesia bodoh. Sebagian besar justru kritis menanggapi berita bohong ibunda dari Atiqah Hasiholan tersebut. Tidak asal telan, tidak asal sebar, dan tidak langsung emosi. Kepolisian, khususnya, bertindak cepat menanggapi berita pengeroyokan Ratna dengan melakukan pengecekan di sana sini. Hasilnya, tak ada satu pun bukti yang mengindikasikan Ratna dikeroyok sekumpulan orang pada 21 September 2018 di Bandung.

Puncaknya, Ratna mengundang awak media di kediamannya di kawasan Bukitduri, Jakarta Selatan pada Rabu (3/10/2018) untuk mengklarifikasi berita yang menyebar cepat itu. Dalam sesi konferensi pers tersebut Ratna terang-terangan mengaku lebam-lebam di wajahnya bukan akibat pengeroyokan, melainkan operasi plastik yang dilakukan di sebuah rumah sakit di Menteng, Jakarta Pusat. Bukan di Haji Jeje yang kondang di akhir 90an itu, lho.

Bualan Ratna ini menggugah kami untuk menuturkannya ke dalam deretan lagu. Meski makna barisan lirik lagu-lagu yang kami maksud belum tentu sama dengan kisah konyol mertua aktor Rio Dewanto itu, tapi judul-judulnya sangat mewakili. Berikut lagu-lagu yang kami maksud:

1. The Most Beautiful Girl in the World - Prince

 

Ratna Sarumpaet, untuk ketiga kalinya, melakukan operasi plastik di RS Bina Estetika untuk menghilangkan lemak yang bersemayam di kedua pipinya. Sayangnya, kata Ratna dalam sesi konferensi pers, lebam-lebam yang diakibatkan operasi tersebut jauh lebih buruk dari biasanya. Inilah yang membuat Ratna membohongi anak-anaknya dengan mengatakan dirinya dikeroyok. Ya, Ratna malu karena gagal menjadi wanita tercantik di dunia.

2. The Great Pretender - Freddie Mercury

 

Upaya kebohongan yang dilakukan Ratna Sarumpaet kepada anak-anaknya terbilang berhasil. Sampai-sampai, kata dia, ada setan yang memengaruhinya agar kebohongan tersebut jangan cuma untuk kalangan orang rumah. Ketika Fadli Zon mengunjungi Ratna sekaligus menanyakan peristiwa yang sebenarnya, dia tetap bilang dikeroyok. Amien Rais dan calon presiden Prabowo Subianto dibohonginya pula dengan alasan yang sama. Mereka percaya? Tentu saja! Prabowo cs bahkan langsung menggelar konferensi pers sebagai upaya untuk mendesak kepolisian mengusut tuntas kasus pengeroyokan yang ternyata palsu ini. Ya, Ratna Sarumpaet adalah pembohong ulung!

3. All Apologies - Nirvana

 

Rabu, pukul 15.00 WIB Ratna Sarumpaet menggelar konferensi pers dan mengakui kebohongan yang dilakukannya. Dia mengaku menjalani operasi plastik di RS Estetika Menteng, Jakarta Pusat, bukan dikeroyok. Secara khusus, sambil berkaca-kaca, ia bahkan meminta maaf kepada Prabowo Subianto, calon presiden RI yang didukungnya. Benar sekali, Ratna adalah juru kampanye nasional kubu Prabowo-Sandi. Ia  juga meminta maaf kepada para wartawan dan seluruh masyarakat Indonesia atas kekonyolan yang dilakukannya. Tapi nasi sudah menjadi bubur. Ratna, kamu membohongiku!

4.  Everybody Hurts - R.E.M.

 

Meski Ratna sudah jujur dan mengakui kebohongannya, terlalu banyak pihak yang kadung sakit hati. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendesak Ratna untuk meminta maaf kepada warga Bandung lantaran Ratna telah menjadikan Kota Bandung sebagai alibi atas kebohongan yang dilakukannya. Di sisi lain, Prabowo memang mengaku 'masih sayang' Ratna, tapi sang jenderal tak punya pilihan lain selain meminta Ratna mundur dari Badan Pemenangan Nasional dalam sesi konferenai pers yang digelar Rabu (3/10) pukul 21.00 WIB. Sementara Presiden Jokowi menganggap kebohongan Ratna merupakan rekayasa keji di saat terjadi bencana alam. Ratna, semua orang terluka karena ulahmu.

5. It Ain't Over Till It's Over - Lenny Kravitz

 

Ratna Sarumpaet memang sudah dipecat dari Badan Pemenangan Nasional. Tapi, bukan berarti masalah berakhir begitu saja. Sebaliknya, kontestasi politik justru baru benar-benar dimulai. Kekisruhan politik Indonesia belum berakhir sampai semuanya benar-benar berakhir. Ratna, kamu telah menyiramkan bergalon-galon bensin ke dalam jilatan lidah api yang sudah panas sejak Pemilu Presiden 2014.

6. Sad But True - Metallica

 

Menyedihkan, tapi inilah yang sesungguhnnya terjadi. Momen pilkada dan pilpres di Tanah Air selalu menghadirkan riak di segala lapisan. Perdebatan dan adu opini menetes dari segala penjuru kehidupan. Kawan menjadi lawan, hanya karena beda pandangan dan pilihan. Kini, Ratna membuat kondisi makin menyedihkan.

"Hate... I'm your hate, I'm your hate when you want love. Pay... pay the price, pay for nothing's fair."

Baca Juga : Ratna Sarumpaet Salahkan Setan Soal Kebohongan Penganiayaan