WhatsApp Tambal Celah Keamanan Yang Bocor

| 12 Oct 2018 07:23
WhatsApp Tambal Celah Keamanan Yang Bocor
Ilustrasi WhasApp (Pixabay)
Jakarta, era.id - Sebuah celah keamanan (bug) baru-baru ini ditemukan di WhatsApp. Bug ini memungkinkan para hacker untuk meretas data pribadi pengguna WhatsApp atau mengambil alih applikasi tersebut saat penggunanya menjawab video call.

Dalam sebuah pernyataan, Rabu (11/10) Facebook selaku pemilik layanan tersebut menyatakan telah menambal celah keamanan pada aplikasi tersebut baik untuk platform Android maupun iOS.

"Kami secara rutin berdiskusi dengan para peneliti keamanan di seluruh dunia guna memastikan WhatsApp menjadi tempat yang aman dan bisa diandalkan," kata juru bicara WhatsApp Ann Yeh, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (11/10/2018). 

"Segera, kami merilis perbaikan di versi terbaru WhatsApp untuk mengatasi masalah ini," sambungnya. 

Sejauh ini, tak ada indikasi bahwa celah kamanan itu telah dieksploitasi oleh hacker untuk meretas aplikasi WhatsApp. Hanya saja, ahli keamanan memperingatkan pengguna WhatsApp akan potensi peretasan yang dilakukan lewat celah pada voicemail.

Sebelumnya, celah keamanan di video call WhatsApp pertama kali ditemukan pada Agustus 2018 lalu. Natalie Silvanovich, seorang peneliti di Google Project Zero yang menemukan bug WhatsApp, mengatakan bahwa celah keamanan itu merupakan sesuatu yang “penting”. 

 

“Aplikasi WhatsApp bisa diretas hanya dengan menjawab panggilan video dari seorang hacker,” kicau Natalie dalam sebuah tweet. 

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan terpopuler di dunia. Jumlah pengguna aktif bulannannya pada awal tahun ini tercatat sudah melewati kisaran 1,5 miliar.

 

Rekomendasi