Microsoft Ikut Luncurkan Layanan Streaming Game

| 12 Oct 2018 09:35
Microsoft Ikut Luncurkan Layanan <i>Streaming Game</i>
Ilustrasi game streaming Microsoft (Twitter @microsoft)
Jakarta, era.id - Tak lama setelah Google memperkenalkan Project Stream-nya untuk game-game kelas berat dengan grafis AAA macam Assasin's Creed Odyssey. Kini giliran Microsoft yang ikut pamer layanan serupa yang diberi nama Project xCloud.

Project xCloud ini didesai agar bisa diakses berbagai platform yang berbeda, mulai dari konsol game, PC sampai ke perangkat mobile. Guna mendukung akses streaming game itu, Mircosoft juga sudah membangun perangkat custom untuk datacenternya. 

Hal ini dilakukan agar game-game Xbox yang ada saat ini, maupun yang akan segera diluncurkan akan tetap kompatible dengan layanan streaming dari Project xCloud ini.

"Membangun Project xCloud adalah perjalanan bertahun-tahun bagi kami. Kami akan membuka pengujian publik pada 2019 agar kami dapat belajar dan meningkatkan skala dengan berbagai volume dan lokasi yang berbeda," ujar Kareem Choudhry, chief cloud gaming Microsoft, seperti dikutip dari blog resmi Microsoft, Jumat (12/10/2018).

 

Microsoft sendiri menguji layanan xCloud dengan kontroler wireless Xbox terhubung ke konsol, perangkat mobile dan PC. Dan tantangan terbesar bagi mereka sampai saat ini adalah melawan latensi koneksi internet.

Untuk mengatasi itu, Microsoft mengembangkan teknik jaringan tersendiri yang dikombinasikan dengan encoding dan decoding video. Kendati demikian, menurut Microsoft, metode layanan streamingnya bisa juga berjalan lancar di jaringan 4G sekalipun meski tanpa kabel fiber optik.

Layanan xCloud ini akan mulai diuji ke publik pada 2019 mendatang. Dengan begini Microsoft akan ikut bersaing dengan layanan streaming sejenis, seperti GeForce Now, PlayStation now, Shadow, dan Liquid Sky.

Rekomendasi