Lewat Belanda, Pencak Silat Akan 'Jajah' Bumi Eropa

| 24 Oct 2018 18:46
Lewat Belanda, Pencak Silat Akan 'Jajah' Bumi Eropa
Pesilat Indonesia Komang Harik Adi Putra (kiri) melepaskan tendangan ke arah pesilat Malaysia Mohd Al Jufferi Jamari (kanan). (Foto: asiangames2018.id)
Jakarta, era.id - Pemerintah Indonesia telah menetapkan Belanda sebagai sentral pengembangan cabang olahraga pencak silat di Eropa. Langkah ini akan membuka peluang bagi pencak silat untuk dipertandingkan di dalam Olimpiade.

"Prosesnya memang tidak mudah karena harus melalui tahapan panjang. Usaha demi usaha ini akan jadi milestones untuk itu. Belanda akan menjadi hub pencak silat di Eropa," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi dalam keterangan resminya, Rabu (24/10/2018).

Dalam kunjungan ke Belanda, Imam bersama peraih medali emas pencak silat nomor tunggal putri, Puspa Arumsari. Atlet andalan Indonesia itu juga memperagakan kemampuannya di hadapan masyarakat maupun pihak KBRI di Belanda.

"Melihatnya saya terharu sekaligus lebih bersemangat dalam memperjuangkan pencak silat agar bisa mendunia sampai kemudian bisa dipertandingkan di Olimpiade," kata Imam.

Memperkenalkan pencak silat, kata Imam bukan sekadar prestasi, namun juga perjuangan memperkenalkan budaya Indonesia. Untuk itu, dia akan terus hadir dalam setiap perjuangan memperkenalkan keberadaan pencak silat, baik sebagai warisan budaya maupun untuk bisa dipertandingkan di Olimpiade.

"Negara akan terus berjuang lewat banyak cara, dan mungkin nanti akan mengundang mereka semua ke padepokan pencak silat di Indonesia. Kita harus sama-sama berjuang. Pencak silat harus mendunia," kata Imam.

Rekomendasi