Heroik, Indonesia U-19 Lolos ke Babak Knock-Out

| 24 Oct 2018 21:17
Heroik, Indonesia U-19 Lolos ke Babak <i>Knock-Out</i>
Indonesia U-19 Vs UEA U-19 (Twitter @pssi)
Jakarta, era.id - Tim asuhan Indra Sjafri menjalani laga hidup mati melawan Uni Emirat Arab (UEA) di matchday ketiga Grup A Piala AFC U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10/2018). Hasilnya, Garuda Muda menang 1-0 dan lolos ke babak knock-out.

Sebelum pertandingan, Indonesia menempati posisi tiga klasemen sementara dengan poin tiga. Kalah head to head dari Qatar yang menempati posisi dua dengan poin sama.

Garuda Muda wajib menang dengan margin dua gol untuk bisa lolos ke fase knock-out. Sementara UEFA, yang berada di puncak klasemen dengan poin enam cukup bermain imbang.

Bermain terbuka sejak menit pertama, kedua tim melakukan jual beli serangan. Namun, selama 20 menit pertandingan berjalan belum satu pun gol yang tercipta. 

Witan Sulaeman akhirnya membawa Garuda Muda unggul pada menit ke-22 setelah berhasil mencuri bola dari pemain belakang UEA.

Sebelum melepasakan tendangan menyusur tanah, anak muda yang bermain di klub PPLP Ragunan itu melakukan solo run yang tak mampu dihentikan lawan.

Pada menit ke-32, Sadil Ramdani mendapatkan peluang melalui tendangan bebas dari luar kotak penalti, tapi bolanya masih bisa dijinakan kiper Yousif Ali.

Sebelum turun minum, UEA mendapatkan peluang melalui Majid Rashid Almehrzi namun tendangan saltonya melambung di atas mistar gawang Muhammad Riyandi. 

Di babak kedua, UEA meningkatkan tekanan ke area pertahanan Garuda Muda. Penetrasi yang dilakukan penyerang UEA membuat Nurhidayat melakukan pelanggaran di tepi kotak penalti. Wasit pun menghadiahi kartu kuning kedua buat Nurhidayat yang berarti sang kapten harus meninggalkan lapangan. 

Indonesia coba menambah keunggulan. Egy Maulana melakukan solo run pada menit ke-62, namun tendangannya melambung di atas mistar gawang. Upaya ini bahkan harus dibayar mahal karena Egy mengalami cedera dan harus diganti.

UEA terus berupaya mencoba mencari gol, pada menit 73 Ali Saled Amro hampir membobol gawang Garuda Muda, namun bola masih melenceng.

Meski bermain dengan 10 orang, Indonesia terus berupaya menambah keunggulan. Todd Rivaldo melakukan penetrasi ke area pertahanan UEA dan diapit dua pemain bertahan lawan hingga terjatuh. Tapi wasit tidak menganggap pelanggaran.

Hingga peluit akhir dibunyikan, skor tetap 1-0 untuk kemenangan Garuda Muda. Hasil ini sudah cukup meloloskan Egy Maulana dkk ke babak knock-out bersama Qatar yang di saat bersamaan menang 4-0 atas Taiwan.

Indonesia dan Qatar sama-sama mengantungi enam poin, namun Qatar unggul selisih gol.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19: Muhammad Riyandi, Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, Muhammad Luthfi, Witan Sulaeman, Egy Maulana, Firza Andika, Rachmat Irianto, Saddil Ramdani, Syahrian Abimanyu, Hanis Saghara.

Pelatih: Indra Sjafri

UEA U-19: Yousif Ali, Ahmad Abdulla, Omar Ahmad, Ali Saleh, Abdelrahman, Mansor Ibrahim, Ahmad Fawzi, Suhail Abdulla, Eid Khamis, Majid Rashid, Abdulla Alnaqbi.

Pelatih: Ludovic Batelli

Baca Juga : Lawan UEA, Indonesia Siapkan 5 Eksekutor Free Kick

Rekomendasi