Ini Syarat Timnas U-24 Lolos 16 Besar Asian Games, Laga Kedua Jadi Kunci

| 20 Sep 2023 13:15
Ini Syarat Timnas U-24 Lolos 16 Besar Asian Games, Laga Kedua Jadi Kunci
Laga Indonesia kontra Kirgistan di Asian Games (Antaranews)

ERA.id - Timnas Indonesia U-24 berhasil mengamankan 3 poin di Asian Games usai mengalahkan timnas Kirgistan 2-0. Pencetak gol kemenangan Indonesia semalam adalah Ramai Rumakiek dan Hugo Samir.

Saat ini Indonesia belum bisa memastikan lolos ke babak selanjutnya, tetapi peluangnya masih sangat besar. Ada beberapa syarat timnas U-24 lolos 16 besar Asian Games, salah satunya tentu terkait pertandingan dengan Chinese Taipe.

Syarat Timnas U-24 Lolos 16 Besar Asian Games

Dalam pertandingan lain di grup yang sama, Korea Utara berhasil mengalahkan Chinese Taipie dengan skor 2-0. Korea Utara mendapatkan kemenangan berkat gol yang diciptakan oleh Ri Jo Guk dan Kim Kuk Jin.

Pada laga kedua, Indonesia U-24 akan menghadapi Chinese Taipei. Sementara, Kirgistan akan bertemu Korea Utara. Hasil pertandingan pada laga kedua bisa menjadi penentu tim yang lolos ke babak selanjutnya.

Laga kedua akan digelar Kamis, 21 September 2023. Jika Indonesia mampu meraih poin penuh pada hari itu, pintu babak knock out Asian Games terbuka lebar.

Syarat Indonesia U-24 memastikan tiket 16 besar Asian Games adalah Indonesia dan Korea Utara sama-sama menang pada laga kedua. Hasil tersebut akan membuat Indonesia dan Korea Utara mengunci posisi dua teratas. Itu karena Indonesia dan Korea Utara sama-sama mengemas 6 poin dari dua pertandingan, sedangkan Kirgistan dan Chinese Taipe 0 poin.

Kepastian timnas U-24 lolos ke babak selanjutnya juga bisa didapatkan jika tim Garuda menang atas Chinese Taipe, sedangkan laga Korea Utara kontra Kirgistan berakhir imbang.

Egy Maulana Vikri (kiri) dihadang pemain  Kirgistan, Elaman Akybekov (kanan) (Antaranews)

Babak 16 Besar Asian Games

Jika satu dari dua syarat tadi terpenuhi, laga pamungkas antara Indonesia kontra Korea Utara hanya akan menjadi laga perebutan juara grup bagi Indonesia. Dua kemenangan pada dua laga awal akan memastikan Indonesia melenggang ke babak selanjutnya.

Jika pada laga ketiga Indonesia kalah, Indonesia akan duduk di posisi kedua grup. Kondisi ini tetap membuat Indonesia lolos ke babak selanjutnya sebab Asian Games memberlakukan fase knock out mulai 16 besar. Jadi, dua tim teratas dari enam grup berhak masuk ke babak tersebut.

Kemudian, empat slot didapatkan oleh empat tim peringkat tiga terbaik. Dalam kompetisi kali ini, status posisi ketiga terbaik hanya diperebutkan oleh lima grup sebab grup C menyisakan dua negara, yaitu Uzbekistan dan Hong Kong. Dua negara penghuni grup C lain telah mengundurkan diri, yaitu Suriah dan Afghanistan.

Itulah informasi mengenai Asian Games dan syarat timnas U-24 lolos 16 besar Asian Games. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus Era.id

Rekomendasi