Fitur Baru Twitter Bisa Tertibkan Akun 'Bodong'

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Perkembangan media sosial membuat informasi semakin mudah didapat, termasuk berita hoaks yang diproduksi oleh akun-akun palsu. Beruntungnya, platform media sosial Twitter kini merilis fitur report terbaru, guna melaporkan beredarnya akun-akun bodong tersebut.

Lewat akun Twitter resminya @TwitterSafety, pihak pengelola mengumumkan kabar tersebut.

"Sekarang, kita bisa menekan pilihan 'it's suspicious or spam' pada menu report. Selain itu, kita juga dapat memberikan alasan mengapa menurut anda akun tersebut adalah akun palsu."
 

Perubahan baru ini tentu memberi ruang bagi pengguna untuk memberikan rincian yang sangat dibutuhkan dalam proses laporan. Sayangnya, setelah kita melakukan laporan tersebut, masih belum jelas apa yang akan terjadi setelah kita mengirim laporan ke tim keamanan Twitter tersebut. 

Selain itu, belum dapat dipastikan apakah dengan melaporkan suatu akun sebagai akun palsu akan meningkatkan kemungkinan diblokirnya akun tersebut. 

"Aliran laporan baru itu akan memungkinkan kami mengumpulkan informasi lebih detail, sehingga kami dapat mengidentifikasi dan menghapus spam dengan lebih efektif. Dengan bertambahnya detail untuk ditinjau, kami akan menambahkan lebih banyak sumber daya untuk memproses peninjauan kami," kata Juru Bicara Twitter.

Untuk diketahui, pada bulan Mei dan Juni tahun ini, pihak Twitter telah menghapus sebanyak 70 juta akun karena melanggar kebijakannya tentang perilaku melanggar dan spam. Akibat kebijakan kerasnya terhadap bot atau akun palsu tersebut, Twitter sampai kehilangan penggunanya dari kuartal ke kuartal. 

Twitter mengorbankan memburuknya keadaan bisnis dalam jangka pendek, demi mempertahankan integritas dari keseluruhan platformnya untuk jangka panjang yang lebih penting.

Tag: twitter lite media sosial

Bagikan: