Hasil Lengkap Liga Europa

Tim Editor

Ilustrasi (Foto: Twitter @europaleague)

Jakarta, era.id -  Sebanyak tiga tim mengamankan tiket ke babak 32 besar Liga Eropa melalui pertandingan terakhir fase grup yang dimainkan pada Jumat (14/12/2018) dini hari WIB.

Wakil Skotlandia Celtic sukses mengunci peringkat kedua di klasemen Grup B, meski kalah 1-2 dari Salzburg. Namun, kegagalan RB Leipzig untuk mendulang tiga poin saat menjamu Rosenborg membuat Celtic dapat mendampingi Salzburg lolos dari Grup A.

Berkat hasil-hasil di putaran terakhir, Celtic yang memiliki sembilan poin unggul dua poin atas Leipzig.

Slavia Praha yang meraih kemenangan 2-0 atas juara Grup C Zenit St Petersburg membawa mereka menemani klub Rusia itu ke fase selanjutnya. Slavia yang total mengumpulkan sepuluh poin unggul tiga poin atas pesaing terdekat Bordeaux, yang menang 1-0 di markas Copenhagen.

Olympiakos menghajar AC Milan dengan kemenangan 3-1 di Grup F, yang berujung pada suksesnya tim Yunani itu menuju 32 besar sekaligus mendepak Rossonerri dari kompetisi Eropa. Meski Olympiakos dan Milan memiliki koleksi poin yang sama, yakni sepuluh poin, namun klub Yunani itu unggul agregat.

Dinamo Zagreb dan Fenerbahce gagal meraih hasil positif dalam pertandingan-pertandingan terakhirnya di Grup D. Dinamo bermain imbang 0-0 saat menjamu Anderlecht, sedangkan Fenerbahce takluk 0-1 Spartak Trnava. Meski demikian, kedua tim tersebut telah mengamankan tiket ke fase selanjutnya.

Komposisi dua besar Grup A tidak berubah dalam pertandingan putaran terakhir. Bayer Leverkusen menang 5-1 di markas AEK Larnaca, sedangkan Zurich bermain imbang 1-1 saat melawat ke markas Ludogorets.

Hal serupa terjadi juga di Grup E, Arsenal menang 1-0 atas Qarabag, sedangkan Sporting menghancurkan tamunya Vorslka Poltava dengan skor 3-0. Tambahan tiga poin bagi kedua tim tersebut membuat Arsenal menghuni posisi puncak dengan 16 poin, dan Sporting di peringkat kedua dengan 13 poin.



Sementara itu, dua wakil Spanyol yang berlaga di Grup G-L Liga Europa, Villarreal dan Sevilla juga berhasil melaju ke babak 32 besar setelah menjadi jawara di grup masing-masing.

Villarreal yang membutuhkan kemenangan sukses menundukkan Spartak Moskow 2-0 berkat gol Samuel Chukwueze dan Karl Toko Ekambi di hadapan publik Stadion de la Ceramica.

Villarreal berhasil lolos sebagai jawara Grup G dengan raihan 10 poin, didampingi wakil Austria, Rapid Wina (10) yang menang dramatis 1-0 atas Rangers (6) berkat gol Daniel Ljubicic pada menit ke-84.

Pasukan Yellow Submarine memuncaki Grup G berbekal catatan pertemuan kontra Rapid yang berbuah satu kemenangan dan satu hasil imbang, meski kedua tim sama-sama mengumpulkan total 10 poin.

Sementara itu, Sevilla (12), melaju dari Grup J berhasil meraih kemenangan atas klub Rusia, FK Krasnodar, dengan skor 3-0 disokong dwigol Wissam Ben Yedder di Stadion Ramon Sanchez-Pijzuan.

Laga lain di Grup J antara Akhisarspor melawan Standar Liege berakhir dengan skor imbang tanpa gol, membuat Krasnodar lolos mendampingi Sevilla.

Sevilla menjadi juara Grup J mengungguli Krasnodar, berbekal agregat pertemuan kedua tim 4-2.

Di Grup H, Eintracht Frankfurt sukses melakukan sapu bersih kemenangan dalam enam pertandingan mereka di fase penyisihan setelah menjungkalkan Lazio 2-1 di Olimpico, Roma.

Kedua tim sudah dipastikan lolos ke babak 32 besar sejak beberapa pertandingan sebelumnya, sedangkan wakil Prancis Olympique Marseille harus rela mengakhiri kiprah mereka di Liga Europa dengan catatan tanpa pernah menang setelah menelan kekalahan 1-3 dari tamunya Apollon Limassol.

Wakil Inggris, Chelsea, gagal mengikuti jejak Frankfurt meraih catatan sapu bersih kemenangan setelah ditahan imbang 2-2 oleh MOL Vidi dalam lawatan ke Budapest.

Sementara hasil itu tak mempengaruhi nasib Chelsea, tambahan satu poin tak cukup mengantarkan Vidi ke babak 32 besar, lantaran di pertandingan lain BATE Borisov menang 3-1 atas PAOK Salonika.

Tim Turki, Besiktas, yang memasuki partai pamungkas penyisihan Grup I dengan hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa lolos akhirnya malah tersingkir setelah dikalahkan Malmo FF dengan skor 0-1 di hadapan publik pendukungnya sendiri.

Malmo yang berada di urutan kedua mendampingi KRC Genk yang memantapkan diri sebagai jawara Grup I dengan menang telak 4-0 atas Sarpsborg di Belgia.

Sedangkan di Grup K, Rennes berhasil memastikan diri melaju ke babak 32 besar mendampingi Dynamo Kiev usai meraih kemenangan 2-0 atas pesaingnya, FC Astana.



Baca Juga : Skenario Babak 16 Besar Liga Champions
 

Tag: liga europa

Bagikan: