Nadal Menggebrak di Babak Pertama Australia Terbuka

| 14 Jan 2019 17:28
Nadal Menggebrak di Babak Pertama Australia Terbuka
Rafael Nadal (Foto: Twitter @AustralianOpen)
Melbourne, era.id - Mantan juara Rafael Nadal tidak menunjukkan tanda-tanda dirinya baru mengalami cedera paha saat melaju ke putaran kedua Australia Terbuka dengan kemenangan mudah 6-4 6-3 7-5 atas harapan tuan rumah James Duckworth, Senin (14/1/2019)

Petenis Spanyol unggulan kedua terpaksa menarik diri dari turmamen pemanasan di Brisbane akibat cedera paha, sehingga sempat menimbulkan keraguan untuk tampil di turnamen pertama grand slam tahun ini. Tetapi ia berhasil meredakan ketakutan di Rod Laver Arena melawan lawan yang sering melakukan kesalahan.

"Suatu hal yang normal bila permulaan itu sulit, tetapi setiap saya merasa lebih baik, membuat saya merasa lebih percaya diri," kata Nadal usai pertandingan, dilansir dari Antara.

"Jadi itu kemenangan penting karena (itu) adalah kemenangan pertama dan pada saat yang sama ... memberi saya kesempatan untuk berada di lapangan lagi. Dan itulah yang saya butuhkan," katanya.

Pertemuan pertama antara Nadal--juara Grand Slam 17 kali dan juara di Melbourne Park pada 2009--dengan James Duckworth, yang berada di peringkat 238 di dunia, berlangsung tidak seimbang.

Tetapi Duckworth yang berusia 26 tahun, dan mencapai peringkat tertinggi sepanjang kariernya, yaitu peringkat 82 pada April 2015, tampak tidak mampu mengimbangi permainan Nadal. Duckworth melakukan 40 kesalahan sendiri sepanjang pertandingan, sementara Nadal hanya 11 kali.

Nadal, yang berambisi menjadi petenis pertama di era Kejuaraan Terbuka dan menjadi orang ketiga yang pernah menyapu empat gelar juara Grand Slam dalam satu musim secara beruntun, membuat lawan tidak berkutik dan tidak pernah keluar dari tekanan.

"Saya bermain melawan pemain yang super agresif. Hari ini dia turun ke lapangan dengan tekad untuk tidak bermain tenis seperti yang saya pahami tenis," kata Nadal kepada wartawan.

"(Itu) bukan pernyataan negatif. Sama sekali tidak. Percayalah. Dia ke lapangan mungkin melakukan hal yang sesuai dengannnya dan memberi dirinya beberapa peluang. Dan dia bermain cerdas dan dia bermain dengan baik," kata Nadal memuji lawan.

Mengenakan kaos kuning tanpa lengan dan celana pendek putih, Nadal langsung tampil dominan dan mematahkan servis Duckworth di game pertama.

Setelah istirahat pada game kedua, Duckworth melakukan kesalahan ganda untuk keenam kalinya dan menyerah pada set kedua setelah melakukan kesalahan kedelapan.

Nadal pada pertandingan babak kedua akan bertemu pemenang antara petenis Australia lainnya, Matthew Ebden dan Jan-Lennard Struff dari Jerman.

 

Tags : tenis
Rekomendasi