Pesawat yang Ditumpangi Sala Ditemukan, Satu Jasad Diangkat

| 07 Feb 2019 09:44
Pesawat yang Ditumpangi Sala Ditemukan, Satu Jasad  Diangkat
Emiliano Sala (Foto: Twitter @FCNantes)
Jakarta, era.id - Badan Investigasi Kecelakaan Udara Inggris (AAIB) menyatakan, telah mengangkat satu jasad yang berada di dekat puing-puing pesawat yang ditumpangi pemain baru Cardiff, Emiliano Sala dan pilot David Ibbotson.

Pesawat Piper Malibu itu ditemukan di dasar laut Selat Inggris pada Minggu (3/2) pagi, tetapi kondisi arus laut yang kuat menghambat operasi untuk mengangkat mayat.

"Setelah pemeriksaan visual yang luas dari lokasi kecelakaan menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV), diputuskan untuk mencoba operasi pemulihan," demikian pernyataan AAIB, seperti dikutip dari SkySports, Kamis (7/2/2019).

"AAIB dan kontraktor spesialisnya berhasil menemukan mayat yang sebelumnya terlihat di tengah puing-puing. Operasi dilakukan dengan cara yang bermartabat, dan keluarga korban terus diberikan informasi terkait evakuasi ini," tambahnya.

Jasad korban, dibawa ke Portland untuk diserahkan ke perawatan Dorset Coroner.

Sayangnya, tim evakuasi tidak berhasil mengangkat puing-puing pesawat karena cuaca yang buruk. 

"Meskipun tidak mungkin untuk mengevakuasi pesawat, rekaman video luas yang ditangkap oleh ROV diharapkan memberikan bukti berharga untuk penyelidikan," katanya sambil mengatakan akan memberikan informasi tambahan satu bulan ke depan.

Pesawat ini menghilang pada 21 Januari ketika Sala dan pilot David terbang dari Bandara Nantes Atlantique menuju Cardiff, Senin (21/1/2019). 

Sala menuju Cardiff setelah proses transfernya dari Nantes saat itu sudah rampung. 

Selang satu jam setelah lepas landas, pesawat itu hilang kontak dan koordinat terakhir terletak di utara laut Aldernet tepatnya di sekitar Les Casquets, Selat Inggris.

Rekomendasi