Manfaat Rajin Makan Kurma

| 16 Feb 2019 08:39
Manfaat Rajin Makan Kurma
Foodprevent.com,
Jakarta, era.id - Jika anda adalah penggemar makanan manis, buah kurma bisa menjadi salah satu alternatif. Selain manis, buah ini memiliki banyak kandungan vitamin dan dipercaya membawa manfaat kesehatan apabila dikonsumsi rutin setiap hari.

Buah kurma mengandung zat besi, tembaga, kalium, magnesium, mangan, vitamin B6, niacin, vitamin A, K dan karoten. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan.

Lantas apa yang terjadi apabila kita mengonsumsinya tiga buah setiap hari?

Seperti dilansir foodprevent.com, manfaat pertama yang bisa didapat dari mengonsumsi kurma secara rutin yakni dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Dengan kandungan seratnya yang banyak, kurma bisa berfungsi untuk memastikan usus dapat bebas dari bakteri berbahaya. Ketika sistem pencernaan dan usus bekerja dengan baik, maka hal itu dapat mengakibatkan berkurangnya risiko kanker usus besar.

Menurut sebuah studi, mereka yang mengonsumsi kurma dapat meningkatkan kesehatan usus besar. Hal itu dapat terjadi karena kurma bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik, menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar.

Kemudian manfaat yang kedua dari mengonsumsi kurma secara rutin tiga buah per hari adalah meningkatnya produksi energi dalam tubuh. Kurma mengandung gula alami, glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dapat memberi anda energi dengan cepat ketika tubuh sedang membutuhkannya. 

Manfaatnya mirip dengan yang diberikan oleh minuman penambah energi, cuman bedanya ini lebih natural. Selain itu, manfaat lebih dari kurma adalah memiliki komponen sehat seperti serat, potasium, magnesium, vitamin, dan meningkatkan level antioksidan dalam tubuh yang membuat badan tidak mudah lemah.

Dan yang terakhir, manfaat dari mengonsumsi kurma secara rutin adalah meningkatkan kesehatan organ pencernaan. Karena hanya dalam satu porsi sajian kurma, kita akan mendapatkan 12 gram serat. Jumlah itu setara dengan 48 persen asupan harian yang direkomendasikan dari dunia kesehatan. 

Asumsi serat dengan jumlah dan jenis yang tepat secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan kita dengan mencegah sembelit, dan melancarkan buang air besar secara teratur.

Karena faktanya menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 7 kurma perhari selama 21 hari menunjukan peningkatan frekuensi buang air besar.

Rekomendasi