Berbagai Khasiat Kurma Muda bagi Kesehatan Tubuh

| 10 Jun 2023 10:35
Berbagai Khasiat Kurma Muda bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi buah kurma muda (pexels)

ERA.id - Kurma merupakan buah yang punya banyak manfaat kesehatan. Manfaat tersebut tidak hanya ada pada kurma tua atau matang, tetapi juga pada kurma muda. Khasiat kurma muda juga terbilang banyak.

Soal rasa, kurma muda termasuk kurma yang cocok bagi Anda yang kurang suka tekstur kurma kering dan agak kasar di bagian luar. Dikutip Era.id dari orami, berikut ini adalah rincian manfaat dari kurma muda.

Khasiat Kurma Muda untuk Kesehatan

1. Kontrol tekanan darah

Penyakit stroke, serangan jantung, dan penyakit berbahaya lain bisa dipicu oleh tekanan darah yang tak stabil, termasuk tekanan darah tinggi. Hal tersebut bisa lebih dikontrol dengan mengonsumsi kurma muda. Khasiatnya tidak hanya mencegah tekanan darah tinggi, tetapi juga mencegah tekanan darah terlalu rendah.

2. Cegah kanker

Kurma muda juga bisa mencegah gejala penyakit kanker. Risiko kanker sel paru-paru dan kanker mulut bisa diturunkan karena terdapat vitamin A yang tinggi di dalam kurma muda.

Menurut Karsten Suhre, profesor fisiologi dan biofisika, terdapat empat kelas fitoestrogen yang dikandung oleh kurma muda, yakni isoflavon, stilbena, lignan, dan coumestan.

Dia menjelaskan, isoflavon, terutama genistein dan daidzein, punya manfaat untuk mengurangi risiko penyakit terkait endokrin, seperti osteoporosis, gejala menopause, penyakit kardiovaskular, kanker payudara, dan kanker prostat.

3. Cegah perdarahan

Kurma muda memiliki manfaat bagi ibu hamuil. Kurma muda mengandung hormon sitosin yang dapat mencegah perdarahan pada rahim. Buah ini juga punya khasiat untuk mencegah masalah serius perdarahan yang berisiko menyebabkan keguguran.

4. Turunkan berat badan

Ilustrasi menurunkan berat badan (pexels)

Kurma muda juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Kandungan karbohidrat pada kurma biasanya cukup tinggi, tetapi kurma muda punya kandungan karbohidrat yang terbilang rendah. Dengan demikian, buah ini cocok digunakan untuk program diet.

5. Memperlancar sistem pencernaan

Kurma muda mengandung serat yang tinggi. Hal ini bisa memperlancar dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ketika sistem penceranaan lancar, risiko gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare, menjadi lebih rendah. Selain itu, serat kurma muda juga bisa membantu proses penyerapan nutrisi makanan yang kita makan.  

Rekomendasi