Film Dokumenter Chris Cornell Siap Digarap

| 19 Feb 2019 11:21
Film Dokumenter Chris Cornell Siap Digarap
Chris Cornell (Foto: Twitter @chriscornell)
Los Angeles, era.id - Film dokumenter tentang kehidupan Chris Cornell siap digarap. Vokalis Soundgarden dan Audioslave ini meninggal dunia dengan cara bunuh diri pada Mei 2017.

Dinukil dari Variety, Selasa (19/2/2019), film ini bakal diproduseri janda Chris Cornell, Vicky Karayiannis bersama Brad Pitt dan perusahaan produksi milik Peter Berg, Film 45. Berg (Lone Survivor, Deepwater Horizon, Mile 22, dan Wonderland) juga akan menjadi sutradaranya.

Supaya kamu tahu. Cornell merupakan vokalis utama band grunge Soundgarden yang terbentuk pada 1984 sampai mereka bubar pada 1997. Cornell juga membentuk proyek tribute bernama Temple of the Dog yang didedikaskan untuk vokalis Mother Love Bone, Andrew Wood. Band ini dihuni kombinasi personel Soundgarden, Pearl Jam, dan Mother Love Bone.

Dia lantas membentuk Audioslave bersama para anggota Rage Against The Machine: Tom Morello (gitar), Tim Commerford (bass) dan Bard Wilk (drum) dan menjalani karier solo serta merilis lima album sebelum membangkitkan lagi Soundgarden pada 2011.

Ketika Cornell meninggal dunia pada 18 Mei 2018, Soundgarden baru tampil di Fox Theater Detroit, Amerika Serikat sebagai bagian dari tur Amerika Utara dari band grunge asal Seattle itu.

Berdasarkan hasil uji toksikologi atau pengujian terhadap kandungan kimia pada jenazah Cornell, ditemukan beberapa senyawa obat seperti Naloxone, Butalbital, Lorazepam, dan Pseudoephedrine plus Ativan dengan dosis tinggi.

Menurut Vicky, suaminya memang sesekali mengonsumsi Ativan. Itu dikenal sebagai lorazepam, obat untuk mengatasi kecemasan atau kesulitan tidur yang bisa menimbulkan pemikiran bunuh diri jika dikonsumsi berlebihan. 

Seorang paramedis menyatakan, Cornell melakukan bunuh diri di kamar hotelnya dengan cara gantung diri. Sebuah pita tipis dari katun yang melilit di lehernya menjadi salah satu bukti. Beberapa pekan kemudian, Wayne County Medical Examiner Michigan merilis laporan toksikologi dan autopsi yang membenarkan penyebab kematian Cornell.

Pada Januari 2019, Vicky dan sejumlah musisi grunge, termasuk Stone Gossard dan Jeff Ament dari Pearl Jam, menggelar konser penghormatan bertajuk I Am the Highway: A Tribute to Chris Cornell di The Forum, Los Angeles. Para musis tamu yang tampil dalam acara ini meliputi Miley Cyrus, Foo Fighters, Metallica, Brandi Carlile, dan Chris Stapleton. Brad Pitt juga ada di sana.

Sepanjang kariernya, Cornell menerima 16 nominasi Grammy Awards dan memenangkan tiga di antaranya, yakni: Best Metal Performance untuk lagu Spoonman dan Best Hard Rock Performance untuk Black Hole Sun (keduanya bersama Soundgarden), dan dua pekan lalu sang musisi dianugerahi Best Rock Perfomrance untuk single When Bad Does Good.

Dengan seabrek karya, jasa serta kontribusinya di dunia musik, tidak berlebihan jika kisah hidup Chris Cornell diabadikan dalam sebuah film dokumenter. Hanya saja, belum ada detail lebih lanjut tentang jadwal rilis film ini.

 

Tags : album musik
Rekomendasi