Panduan Maksimalkan Smartaudio Xpander

| 27 Feb 2019 10:57
Panduan Maksimalkan <i>Smartaudio</i> Xpander
Mitsubishi Xpander (Instagram/@mitsubishimotorsofficial)
Jakarta, era.id - Fitur hiburan audio sangat berguna untuk mengusir jenuh saat menempuh perjalanan jauh atau terjebak kemacetan.  Khusus pemilik Mitsubishi Xpander bisa mengoptimalkan sistem audio di mobil berjenis Small MPV ini.

Xpander memiliki dua jenis head unit, pertama adalah double din berlayar sentuh 6,2 inci pada varian Ultimate, dan kedua adalah double din tanpa layar sentuh untuk varian Sport, Exceed, dan GLS.

Seluruh head unit pada semua varian Xpander sudah dilengkapi MP3/CD Player, USB Connector, Radio, dan Aux-In. Sedangkan pada varian Ultimate, fitur audio-nya lebih lengkap, karena dilengkapi DVD Player dan kamera mundur.

 

Xpander smartaudio

Berikut cara memaksimalkan fitur audio Xpander:

Fitur NFC Pada varian Ultimate terdapat fitur koneksi ke smartphone menggunakan NFC (near field communication), yang tidak perlu repot untuk melakukan pairing Bluetooth. Caranya, tempelkan smartphone yang memiliki fitur NFC ke layar head unit, maka smartphone terhubung dengan head unit.

Fungsinya pun sama seperti Bluetooth, hanya caranya lebih ringkas. Ada juga fitur voice command yang membuat Anda bisa melakukan perintah suara ke smartphone dengan menyentuh tombol di lingkar kemudi. Fitur ini juga bisa menerima panggilan telepon tanpa Anda harus memegang smartphone atau hands free.

"Khusus untuk varian Ultimate, selain Bluetooth, konsumen dapat dengan mudah melakukan koneksi ke smartphone melalui fitur NFC, terdapat pula fitur kamera mundur dan voice command yang dapat memudahkan aktivitas pengguna Xpander selama berkendara," kata Head of Technical Service & CS Support Department PT MMKSI, Boediarto, dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu (27/2/2019).

Pada tipe Sport dan Ultimate, Mitsubishi Motors menggunakan enam buah pengeras suara. Empat buah di sisi pintu depan dan belakang, sementara dua buah lagi berfungsi sebagai tweeter yang terletak di pilar A.

Fungsi tweeter ini memberikan kesan seolah-olah suara vokal penyanyi datang dari depan Anda, jika tidak ada, maka suara akan terdengar datang dari bawah. Di sisi lain, tipe Exceed dan GLS dilengkapi dengan empat buah speaker di masing-masing pintu tanpa ada tweeter, namun diklaim memiliki kualitas suara yang tak kalah dengan dua varian yang lebih tinggi. Atur equalizer pengaturan equalizer pada varian Ultimate dapat dilakukan dengan dua cara.

Pertama preset equalizer yang disesuaikan langsung dengan jenis musik yang sedang diputar, antara lain Jazz, Pop, RnB, HipHop, Rock, Electronic, Dance, dan lainnya. Kedua, mengatur sendiri preset equalizer sesuai selera. Caranya cukup mudah, tinggal pilih menu Pengaturan di layar Home, kemudian masuk ke Pengaturan Suara dan pilih ke EQ.

Kemudian, pijat tombol untuk menyesuaikan, dan Anda bisa melakukan kustomisasi pengaturan equalizer Xpander sesuai selera. Equalizer Xpander terdiri dari lima band, artinya ada lima frekuensi yang bisa disetel. Subwoofer level juga bisa diatur sesuai dengan keinginan. Pengaturan ini cukup mudah dan bisa dilakukan hingga Anda menemukan pengaturan yang sesuai.

Kenali fungsi bass, treble hingga fader Head unit double din pada tipe Sport, Exceed, dan GLS juga memiliki pengaturan equalizer guna mengatur bass, treble, fader, dan balance sesuai selera masing-masing.

Sebaiknya atur treble lebih dulu, kemudian bass sampai dapat yang pas di telinga Anda. Adapun fungsi adalah mengatur keseimbangan suara antara speaker depan dan belakang. Jika diubah maka posisi suara hanya akan datang dari belakang atau depan saja, jika posisinya nol maka suaranya akan berada di tengah.  Sedangkan balance itu lebih mengatur keseimbangan antara speaker kanan dan kiri.

Jika salah satu lebih besar maka suara akan datang dari satu sisi pintu saja, ketika posisinya nol maka suara datang dari kanan dan kiri. Untuk menghubungkan ponsel ke port USB bisa menggunakan kabel USB guna memutar musik dari smartphone Anda. Atau bisa juga menggunakan flashdisk berisi lagu-lagu favorit dengan mencolokkan ke port yang tersedia di samping soket power outlet.

Pada varian Ultimate posisi port USB berada di head unit, sedangkan untuk varian Sport, Exceed, dan GLS, port USB terletak di sebelah power outlet, di bawah head unit.

Tags : otomotif
Rekomendasi