7 Benda di Rumahmu yang Perlu Dibersihkan

| 02 Nov 2019 20:10
7 Benda di Rumahmu yang Perlu Dibersihkan
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Kamu sering bersih-bersih rumah? Kayanya ada beberapa hal di rumah kamu yang luput dibersihin deh. Nah, benda-benda yang luput dibersihkan, ternyata kalau didiamkan dalam waktu yang lama, bakal jadi sarang penyakit.

Melansir dari The Times of India, tercatat ada tujuh benda yang luput dari aksi bersih-bersih. Simak paparannya di bawah ini.

Remote control

Remote control, baik itu dari AC, televisi atau perangkat elektronik lainnya, paling sering bersentuhan dengan tangan. Nah, kalau enggak dibersihkan secara teratur, tentu ini akan berisiko buat kesehatan kamu juga. Karena itu, bersihkan remote control yang sering kamu gunakan dengan tisu basah atau kain serat mikro.

Ponsel

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ponsel adalah benda yang paling kotor. Sebabnya, kita selalu berselancar dengan ponsel di manapun, bahkan saat sedang di kamar mandi atau saat makan. Karena itu, benda ini harus kita bersihkan setiap hari supaya terhindar dari kuman berbahaya.

Wastafel dapur

Tempat cuci piring ini akan berbekas lemak dan kotoran sisa makanan. Karenanya, kalau enggak sering dibersihin, tentunya lemak dan kotoran itu akan mengerak dan jadi sarang penyakit. Jadi sebaiknya, tempat ini harus sering dibersihkan.

Kuas makeup

Sisa rias adalah rumah bagi bakteri yang bisa menginfeksi kulit. Bakteri ini muncul dari residu rias. Karenanya, kuas makeup perlu dibersihkan secara teratur. Kamu perlu membersihkannya, seminggu sekali supaya kamu bebas infeksi kulit.

Gagang pintu

Gagang pintu merupakan bagian yang sering disentuh oleh tangan, baik dalam keadaan bersih atau kotor. Bukan tidak mungkin tempat ini jadi endapan bakteri karena sentuhan tersebut. Kita pun kadang luput untuk membersihkan bagian ini ketika sedang melaksanakan bersih-bersih.

Tapi tenang, gagang pintu gampang kok dibersihkan dari bakteri-bakteri yang membandel. Kamu tinggal mengoleskan lap kain dengan cuka putih dan menggosok gagang pintu hingga bersih. 

Spons

Spons yang dimaksudkan adalah yang biasa digunakan untuk membersihkan alat-alat dapur. Sesungguhnya, spons ini jadi sarang penyakit kalau tidak pernah dibersihkan. Nah, cara membersihkannya gampang kok, caranya masukkan spons basah selama satu menit ke dalam microwave. Setelah itu, bersihkan dengan sabun dan biarkan kering.

Gulungan kulkas

Gulungan kulkas yang berada di belakang membuatnya tidak terlihat. Ini membuat bagian ini jadi kotor karena debu yang menghambat kerja kulkas. Karenanya, sering-sering lah tengok bagian belakang kulkas kamu, dan bersihkan.

Rekomendasi