Deretan Barang-barang yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Vacum Cleaner

| 27 Mar 2024 06:01
Deretan Barang-barang  yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Vacum Cleaner
Barang yang tidak boleh dibersihkan dengan vacum cleaner (Unsplash)

ERA.id - Vacuum cleaner merupakan alat yang praktis untuk membersihkan rumah. Namun, tahukah Anda terdapat beberapa barang yang tidak boleh dibersihkan dengan vacum cleaner?

Menyedot beberapa benda dengan vacum cleaner bukan hanya tidak efektif, tapi juga bisa merusak dan bahkan berbahaya. Melalui artikel ini, Era rangkum beberapa benda yang tidak boleh dibersihkan menggunakan vacum cleaner beserta alasannya.

Barang yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Vacum Cleaner

  1. Cairan atau Benda Basah

Ingin membersihkan tumpahan susu atau air yang bocor dari genteng? Sebaiknya, tahan keinginan untuk menggunakan vacuum cleaner. Hal tersebut lantaran menyedot jus, air, atau susu dapat merusak motor vacuum cleaner dan menimbulkan bahaya listrik.

Cairan-cairan tersebut bisa masuk ke filter vacuum cleaner dan menyumbatnya dengan debu dan kotoran dan tidak bisa membuat kering sepenuhnya. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan motor, pertumbuhan jamur, dan bau tidak sedap dari vacuum cleaner.

Tips: gunakan shop vac (vacuum khusus cairan) untuk menyedot air dalam jumlah besar.

  1. Abu atau Arang Panas

Perlu diketahui, abu dan arang bekas perapian jangan disedot dengan vacuum cleaner. Hal tersebut karena panasnya dapat merusak vacuum cleaner dan menimbulkan bahaya kebakaran.

Selain itu, abu dapat menyumbat filter dan menempel di dalam tabung dan selang. Untuk itu, gunakan pengki atau sekop logam sebagai gantinya.

  1. Benda Rapuh atau yang Mudah Pecah

Barang-barang seperti gelas atau hiasan rapuh tidak boleh dibersihkan menggunakan daya sedot yang kuat dari vacuum cleaner.  Sebaiknya gunakan sapu dan pengki untuk mengumpulkan pecahan tersebut. Gunakan vacuum cleaner hanya setelah tidak ada lagi serpihan yang terlihat.

  1. Bubuk Halus

Tumpahan tepung terigu ternyata tidak tepat dibersihkan menggunakan vacuum cleaner. Bubuk halus seperti tepung terigu, baking soda, atau bedak bayi dapat menyumbat filter vacuum cleaner dan mengurangi daya sedotnya. Sebaiknya bersihkan  bubuk halus tersebut dengan sapu.

  1. Ampas Kopi

Ampas kopi dapat menyumbat pipa bagian dalam, filter, dan selang vacuum cleaner. Gunakan sapu dan pengki untuk membersihkan tumpahan ampas kopi.

Jangan sedot bubuk kopi dengan vacum cleaner (Unsplash)
  1. Makeup

Bedak makeup yang terhisap vacuum cleaner dapat menyebar dengan cepat dan meninggalkan jejak warna ke area lain yang Anda vacuum.

Maka gunakan sapu dan pengki, kemudian lap sisa makeup dengan kain dan pembersih rumah tangga saja. Kemudian gosok dengan sapu setelahnya untuk menghilangkan semua pigmen makeup.

  1. Benda Kecil

Sebelum menggunakan vacuum cleaner, lakukan pembersihan awal dengan sapu di ruang bermain, kantor, atau area lain yang mungkin terdapat benda kecil di karpet atau di bawah furniture.

Benda kecil tersebut dapat merusak vacuum cleaner atau bahkan barang berharga seperti perhiasan. Anda dapat merusak vacuum cleaner dengan menyedot benda besar dan tajam seperti paku, jepit rambut, penjepit kertas, Lego, manik-manik, kancing, koin, atau benda tajam lainnya. Benda kecil ini dapat menusuk kantong vacuum cleaner atau merusak komponen internal.

  1. Bahan Lengket

Hindari menggunakan vacuum cleaner di area yang terdapat bahan lengket seperti lem atau sirup maple di lantai. Bahan lengket ini dapat menyumbat sikat, selang, dan komponen internal lainnya pada vacuum cleaner. Jika bahan tersebut mudah rusak, jamur pun bisa tumbuh di dalam vacuum cleaner Anda.

Selain barang yang tidak boleh dibersihkan dengan vacum cleaner, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi