Universitas di China Pakai AI untuk Cek Daftar Kehadiran

| 18 Mar 2019 17:36
Universitas di China Pakai AI untuk Cek Daftar Kehadiran
Ilustrasi (era.id)
Jakarta, era.id - Istilah tipsen alias titip absen kayanya enggak bakal terjadi di Universitas Hangzhou Dianzi. Sebab, di universitas ini, sistem kehadirannya sudah menggunakan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Dilansir dari South China Morning Post, Senin (18/3/2019), universitas ini menggunakan sistem kehadiran kelas yang memungkinkan mahasiswa untuk masuk dengan kode verifikasi melalui ponsel mereka. Ketika mereka tak datang tepat waktu, pengingat otomatis dari sistem ini akan menghubungi mahasiswa.

Mereka yang tidak masuk kelas akan menerima pesan berikut dari mesin yang menelpon mereka. "Halo, ini adalah AI kecil, asisten suara cerdas dari penasihat Universitas Hangzhou Dianzi. Saya perhatikan Anda tidak hadir di kelas hari ini."

Setelah itu, setiap tanggapan dari siswa akan dicatat dan ditranskrip untuk jadi pertimbangan sekolah dan guru. 

Lebih dari setengah program di Universitas Hangzhou Dianzi telah mengadopsi sistem kehadiran cerdas.

Wakil Direktur Urusan Mahasiswa, Hu Haibin mengatakan, para guru punya waktu 15 detik untuk mengabsen para murid. Setelah itu, sistem akan bekerja.

Sistem ini pun memberikan efek positif karena tingkat kehadiran siswa naik 7 persentase dalam dua minggu sejak sistem ini dijalankan.

Hu mengatakan, sistem ini dilakukan untuk mengetahui alasan para mengapa para siswa bolos dan mengkategorikannya ke dalam database sekolah. Setelah itu, para guru bisa melakukan tindakan lebih lanjut untuk menghadapi masalah ketidakhadiran ini.

Rekomendasi