Footage Kecelakaan Kereta dalam Bird Box Dihapus

| 19 Mar 2019 15:40
<i>Footage</i> Kecelakaan Kereta dalam <i>Bird Box</i> Dihapus
Tangkap layar salah satu adegan dalam Bird Box
Los Angeles, era.id - Netflix akhirnya menghapus rekaman kecelakaan kereta dalam film Bird Box menyusul masifnya kritikan yang dilontarkan berbagai pihak.

Film horor ini memicu reaksi setelah bencana apokaliptik diwakili melalui rekaman kehidupan nyata dari bencana Lac-Mégantic pada 2013, yang menewaskan 47 orang ketika sebuah kereta yang membawa minyak mentah tergelincir dan meledak di sebuah kota kecil Kanada.

Dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada TheWrap, Netflix mengatakan, mereka memutuskan untuk mengganti klip tersebut setelah reaksi publik dan kecaman resmi dari parlemen Kanada.

"Kami mohon maaf atas rasa sakit yang disebabkan oleh komunitas Lac-Mégantic," Netflix mengkonfirmasi. Dinukil dari NME, Selasa (19/3/2019).

Keputusan itu dipuji oleh Nathalie Roy, Menteri Kebudayaan dan Komunikasi Kanada.

"Hasil ini menunjukkan bahwa dengan menyatukan dan mengumpulkan upaya kami, semuanya mungkin," tulis Nathalie di Twitter.

 

Pada Januari lalu, kampanye yang dilakukan walikota Lac-Megantic untuk Netflix agar menghapus rekaman tersebut tidak berhasil, sebelum Parlemen Kanada turun tangan untuk meminta kompensasi.

"Bagi orang-orang di Lac-Megantic, melihat gambar-gambar di pusat kota terbakar dan  membayangkan anggota keluarga mereka di dalamnya sangatlah menyakitkan," kata legislator Kanada Pierre Nantel.

Anggota parlemen Kanada juga dilaporkan mengajukan teguran keras terhadap Netflix dalam upaya untuk memastikan semua gambar bencana tersebut dihapus dari layanan streaming. Kontroversi itu terjadi setelah Bird Box memicu tantangan viral yang memperlihatkan para penonton meniru adegan dalam film.

Keranjingan viral itu memperlihatkan para YouTuber melakukan berbagai aktivitas sambil menutup mata. Puncaknya, sebuah insiden terjadi ketika seorang gadis remaja mengendarai mobilnya ke jalur lalu lintas dengan mata yang ditutup.

Itulah yang memicu pelarangan terhadap YouTube untuk tidak menayangkan video yang menggambarkan tantangan dan lelucon.

 

Rekomendasi