Ini Bukan April Mop, Musik Skrillex Bisa Usir Nyamuk!

| 01 Apr 2019 18:27
Ini Bukan April Mop, Musik Skrillex Bisa Usir Nyamuk!
Skrillex (Foto: Twitter @trichomeinc)
Los Angeles, era.id - Sekilas, ini seperti April Mop. Tapi, sejumlah ilmuwan mengatakan, musik Skrillex sesungguhnya bisa menjadi cara yang efektif untuk mengusir nyamuk.

Sebuah studi yang diterbitkan di Acta Tropica baru-baru ini memperlihatkan, para ilmuwan memainkan hit rilisan 2010 dari bintang dubstep bernama asli Sonny John Moore, Scary Monsters And Nice Sprite ke nyamuk demam kuning dalam upaya untuk menyelidiki efeknya.

Tim ilmuwan ini menjelaskan: “Suara dan penerimaan lagu tersebut sangat penting untuk reproduksi, kelangsungan hidup, dan pemeliharaan populasi banyak hewan."

"Pada serangga, getaran frekuensi rendah memfasilitasi interaksi seksual, sedangkan kebisingannya mengganggu persepsi sinyal dari anggota spesies yang sama dan inang."

Trek dubstep merupakan campuran dari frekuensi yang sangat tinggi dan sangat rendah, yang berarti bahwa itu dipilih oleh para ilmuwan untuk melihat apakah EDM dapat terbukti efektif dalam mengusir serangga.

Para ilmuwan menemukan, nyamuk dewasa betina “terhibur” oleh Scary Monsters And Nice Sprite dan lebih jarang menyerang manusia ketimbang serangga yang tidak terpapar lagu itu.

Mereka juga menemukan, serangga yang terpapar trek tersebut "bersenggama jauh lebih jarang" daripada mereka yang tidak mendengarkannya.

 

Para ilmuwan menjelaskan: "Observasi ini menunjukkan, musik seperti lagu Skrillex ini dapat menunda serangan nyamuk, mengurangi pemberian darah dan mengganggu perkawinan menyediakan jalan baru untuk pengembangan langkah-langkah perlindungan dan kontrol pribadi berbasis musik terhadap penyakit yang ditularkan oleh Aedes."

Nyamuk demam kuning biasanya ditemukan di daerah tropis dan dikenal menyebarkan penyakit mematikan seperti virus zika.

Sejauh ini Skrillex belum mengomentari penelitian tersebut.

 

Tags : album musik
Rekomendasi