Saingi Google dan Apple, Facebook Kembangkan Asisten Pintar

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Baik Google maupun Apple punya asisten pintar berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang siap membantu aktivitas kalian. Nah bagaimana kalau sosial media seperti Facebook juga mengembangkan AI yang bisa membantu kalian bersosial media.

Perusahaan sosial media besutan Mark Zuckerberg ini sedang mengembangkan proyek asisten digital bersuara seperti Apple (Siri), Amazon (Alexa), dan Google (Google Assistant) sejak 2018.

Melansir dari The Verge, proyek ini digarap oleh divisi augmented reality dan virtual reality (AR/VR) yang biasanya mengembangkan produk hardware. 

“Kami sedang mengembangkan teknologi asisten virtual suara dan AI yang bakal beroperasi di produk AR/VR keluarga kami, termasuk Portal, Oculus dan produk-produk yang akan hadir,” ujar juru bicara Facebook, seperti dikutip era.id, Selasa (23/4).

Menurut laporan CNBC, pengembangan teknologi ini melibatkan para vendor yang bekerja di bidang pemasok teknologi speaker pintar. Ini juga bukan pertama kalinya Facebook berupaya mengembangkan teknologi kecerdasan buatan untuk asisten virtual.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS ini memang telah meluncurkan speaker pintar yang dinamai Portal. Tapi, speaker pintar ini malah menggunakan asisten pintar buatan Amazon, Alexa. 

Sebelumnya, Facebook juga pernah menciptakan asisten virtual M yang dioperasikan di aplikasi pesan instan Messenger. Fitur ini mirip dengan Google Assistant, hanya saja kehadirannya tidak secemerlang asisten buatan Google dan kurang populer, Facebook mematikan proyek tersebut pada tahun 2018.
 

Tag: facebook facebook portal produk apple google chipset teknologi 7nm

Bagikan: