Sering Begadang? Ini Komposisi Makanan yang Cocok Buat Kamu

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Bandung, era.id - Buat kamu yang sering bekerja saat malam, tentunya jam tidur jadi kurang. Kalau kurang tidur, kesehatan kamu juga akan terganggu. 

Tapi tenang, ternyata ada cara mengimbanginya yaitu dengan mengatur komposisi makanan yang dikonsumsi.

Menurut ahli gizi (dietizien) Instalasi Gizi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Dedeh, komposisi makanan ideal untuk menjaga tubuh tetap stabil akibat begadang haruslah tepat. Orang yang sering begadang perlu asupan makanan yang memenuhi kaidah makronutrien.

"Makronutrien itu terdapat makanan mengandung energi, karbohidrat, dan protein disebut dengan gizi seimbang. Komposisinya karbohidrat itu sekitar 55-60 persen kemudian lemak 20-30 persen. Dan harus ada sumber vitamin mineral dari sayuran dan buah 25 gram per hari," kata Dedeh, Bandung, Kamis (25/4/2019).

Dedeh menjelaskan, jumlah sumber vitamin mineral sebanyak 25 gram itu, setara dengan mengonsumsi sayuran kurang lebih satu mangkok. Jika tiga kali mengonsumsinya dengan penambahan buah-buahan, maka sudah memunuhi kebutuhan lemak, protein dan karbohidrat sudah terpenuhi.

Berdasarkan rumus dietezien, untuk mengganti konsumsi asupan karbohidrat, lemak dan protein; bisa menggunakan satu buah jeruk, satu buah pisang Ambon atau satu buah apel Fuji.


Ilustrasi (Pixabay)

Jika dalam sehari kita mengonsumsi buah-buahan tiga sampai lima kali dengan bobot serupa, maka kebutuhan perut terpenuhi dalam setiap aktifitas per harinya. 

Tapi, faktor usia sangat berpengaruh untuk penentuan asupan makanan bagi orang dengan kesibukan yang tinggi sampai melupakan waktu tidurnya. 

"Kebutuhan gizi seseorang itu sangat berbeda. Idealnya sih dihitung tinggi dan berat badan baru diketahui kebutuhan asupan makanan yang diperlukan. Kegiatan aktivitasnya juga harus dilihat apa banyak duduk, banyak jalan, banyak kegiatan yang lebih ekstrim tingkat aktivitasnya," ujar Dedeh.

Tag: tips sehat kesehatan manfaat makanan buah

Bagikan: