Cara Menentukan Jenis Diet yang Cocok: Sesuaikan dengan Bentuk Tubuh Anda

| 06 Jan 2024 06:05
Cara Menentukan Jenis Diet yang Cocok: Sesuaikan dengan Bentuk Tubuh Anda
Cara menentukan jenis diet yang cocok (unsplash)

ERA.id - Menentukan jenis diet yang sesuai dapat menjadi langkah penting dalam mencapai tujuan kesehatan dan kebugaran Anda. Untuk itu, penting mengetahui beberapa cara menentukan jenis diet yang cocok bagi tubuh Anda.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan dan beberapa panduan praktis untuk membantu seseorang menemukan jenis diet yang paling cocok. Tujuannya tidak lain untuk mencapai gaya hidup sehat dan seimbang.

Cara Menentukan Jenis Diet yang Cocok

Dilansir dari laman AI Care, menentukan diet harus didasari dengan bentuk tubuh. Perlu diketahui, bentuk tubuh manusia, terdapat tiga kategori utama: endomorphic (bulat), ectomorphic (langsing), dan mesomorphic (berotot).

  1. Diet Bentuk Tubuh Endomorph

Endomorph cenderung memiliki tubuh bulat dengan lemak tubuh yang tinggi dan otot yang lebih sedikit. Karakteristiknya meliputi tubuh yang lebar, perut bulat, organ dalam yang proporsional, serta lengan dan kaki yang pendek dan berlemak.

Orang dengan bentuk tubuh ini cenderung mudah menambah berat badan. Untuk menurunkan berat badan, disarankan untuk membatasi asupan karbohidrat dan fokus pada protein dan lemak baik.

Kemudian latihan kardio dan high intensity interval training (HIIT) juga dianjurkan untuk mencapai hasil yang maksimal.

  1. Bentuk Tubuh Ectomorph

Bentuk tubuh ectomorph ditandai oleh tubuh yang langsing dengan lemak tubuh yang minim. Orang dengan bentuk tubuh ini umumnya tinggi dengan lengan dan kaki yang panjang.

Kaum ectomorph akan  sulit menambah berat badan dan massa otot, bahkan dengan olahraga dan konsumsi makanan berlebih. Ectomorph disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan lemak, dengan komposisi karbohidrat setidaknya 25% dari protein.

Kemudian bentuk tubuh ini juga harus melakukan latihan interval intensitas tinggi dan pola makan rutin setiap dua jam agar dapat membantu dalam membangun massa tubuh yang sehat.

  1. Bentuk Tubuh Mesomorph

Mesomorph cenderung memiliki tubuh sedang, berotot, dan sering dianggap sebagai bentuk tubuh ideal. Tubuh mereka lebih banyak diisi dengan otot daripada lemak, memberikan penampilan segitiga dengan lebar di bagian atas dan menyempit di bagian bawah.

Orang berbentuk tubuh mesomorph memiliki keleluasaan dalam pemilihan makanan (unsplash)

Orang berbentuk tubuh mesomorph memiliki keleluasaan dalam pemilihan makanan dan cenderung mudah menurunkan berat badan. Karakteristik fisiknya melibatkan wajah berbentuk kotak, dada dan bahu berotot, jantung berukuran besar, lengan dan tangan berotot, serta berat badan seimbang.

Dengan pemahaman tentang karakteristik masing-masing bentuk tubuh, seseorang dapat lebih mudah menentukan jenis diet dan latihan yang sesuai dengan tujuan kesehatan dan kebugaran mereka.

Saat diet harus mempertimbangkan apa saja?

Menentukan diet yang tepat memerlukan perhatian khusus agar tidak hanya mencapai berat badan ideal, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, prioritaskan kesehatan tubuh, mempertimbangkan status gizi dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Selain itu, apabila perlu penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter terkait kesiapan tubuh menjalani diet, terutama bagi mereka dengan kondisi medis tertentu.

Lalu hitung kebutuhan kalori tubuh dengan cermat untuk menjaga keseimbangan energi. Lakukan penyesuaian secara bertahap dan hindari perubahan drastis yang dapat berdampak negatif pada tubuh. Jalani diet dengan pola yang aman dan sehat, menjaga kebutuhan nutrisi dan menghindari perubahan ekstrem.

Terakhir jangan terpengaruh oleh tren diet orang lain, karena setiap individu memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda.

Selain cara menentukan jenis diet yang cocok, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi