Inilah Tips Puasa di Masa Pancaroba

| 09 May 2019 08:54
Inilah Tips Puasa di Masa Pancaroba
Ilustrasi (Pixabay)
Bandung, era.id - Ramadan 2019 jatuh pada bulan Mei. Bulan ini, merupakan masa peralihan dari musim panas ke hujan alias pancaroba. Cuaca terik dan hujan kadang silih berganti.

Agar aktifitas puasa tidak terganggu selama musim pancaroba ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

"Pola asupan gizi seimbang tetap menjadi acuan seperti sumber energi, protein, lemak, vitamin dan mineral serta tetap diperlukan sesuai kebutuhan masing-masing orang," kata ahli diet Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Iis Rosita, Bandung beberapa waktu lalu.

Iis Rosita menjelaskan, kondisi cuaca yang tidak jelas selama Ramadan ini harus diiringi dengan asupan air ke tubuh yang cukup. Standar asupan air yang diminum kata Iis, antara enam sampai delapan gelas setiap hari.

Tentunya saat mengkonsumsi air pada bulan Ramadan dilakukan saat malam hari. Agar tidak merasa jenuh atau bosan akan kewajiban mengkonsumsi air ini, terdapat beberapa cara mengakalinya.

"Konsumsi cairan tidak harus air putih melulu tapi bisa dikombinasikan dengan jenis sajian minuman lainnya seperti jus buah, teh manis dan jenis lainnya," ujar Iis.

Selain air, kata Iis, agar daya tahan tubuh tetap stabil dari gangguan kesehatan selama berpuasa di cuaca pancaroba, jangan lupa makanan dengan kandungan protein. Hal itu berlaku untuk setiap tingkatan usia lansia, dewasa dan anak-anak. Protein dibutuhkan sebagai sumber energi.

Asupan lain yang dibutuhkan oleh tubuh saat berpuasa adalah vitamin dan mineral. Sayuran dan buah-buahan dianggap sudah mencukupi sebagai sumber vitamin dan mineral.

"Kan disunahkan oleh nabi saat buka puasa makan buah kurma, ada baiknya pula disertai dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran," jelas Iis.

Selain itu, Iis menambahkan, mengonsumsi yogurt saat puasa juga baik untuk memperbaiki flora usus dan sistem pencernaan. Jika sistem pencernaannya bagus maka kondisi daya tahan tubuh akan mengikuti.

Kalangan ahli gizi dan diet meyakini seluruh penyakit yang timbul disebabkan kondisi daya tahan tubuh lemah akibat tidak sehatnya organ pencernaan. Dia meyakini terganggunya organ pencernaan itu menyebabkan berbagai jenis penyakit infeksi. 

Rekomendasi