6 Tips Buka Puasa di Jalan Raya secara Efisien, Efektif, dan Aman

| 16 Apr 2023 16:25
6 Tips Buka Puasa di Jalan Raya secara Efisien, Efektif, dan Aman
Ilustrasi orang minum dan makan di perjalanan (pexels)

ERA.id - Puasa Ramadan bukan alasan untuk tidak beraktivitas secara normal, termasuk bekerja. Oleh sebab itu, terkadang kita mesti berbuka puasa di jalan sepulang kerja karena jalanan macet atau jam kerja yang mepet waktu Magrib. Tips buka puasa di jalan kiranya perlu diketahui agar pembatalan puasa bisa dilakukan dengan baik dan aman.

Membatalkan puasa bernilai baik jika dilakukan dengan tata cara yang baik, antara lain dengan menyegerakan, membaca doa, dan melakukan sunah-sunah yang lain. Selain itu, faktor keselamatan perlu diperhatikan sebab buka puasa di perjalanan berarti berada di sekitar pengguna jalan lain. Dirangkum Era.id dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa tips untuk berbuka puasa ketika di jalan raya.

Tips Buka Puasa di Jalan Raya

·         Mengatur jadwal perjalanan

Kemacetan adalah hal yang mudah ditemukan di kota-kota besar, terutama pada jam sibuk. Ketika bulan Ramadan, kemacetan bisa terjadi hingga waktu Magrib karena lebih banyak orang yang memenuhi jalan mencari bukaan, menuju tempat bukber, menuju ke masjid, dan menuju pusat perbelanjaan (jelang Lebaran).

Jadi, sebelum Anda berangkat, sebaiknya Anda sudah memiliki perencanaan terkait berapa lama perjalanan yang Anda butuhkan. Anda juga perlu mempertimbangkan titik-titik rawan kemacetan. Jika perlu, Anda bisa mencari jalan alternatif yang nantinya bisa dilewati. Satu hal lagi, Anda perlu mempersiapkan kemungkinan buka di jalan.

·         Bawa bekal dari rumah

Jika jam kerja Anda membuat Anda harus pulang hingga sore menjelang Magrib, Anda harus menyiapkan bekal dari rumah. Bekal bisa berupa makanan dan minuman yang sederhana dan sehat.

Perlu dicatat, Anda tidak perlu membawa bekal makan lengkap untuk berbuka puasa. Setidaknya, Anda bisa segera membatalkan puasa Anda saat azan Magrib terkumandang dan mendapatkan sedikit asupan energi untuk melanjutkan perjalanan.

Beberapa jenis bekal yang bisa dibawa adalah air putih/bening, biskuit, kurma, atau sebungkus roti kecil. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan sunah berupa menyegerakan buka meski masih di jalan. Sunah ini akan berkaitan dengan tips selanjutnya.

·         Cari masjid terdekat

 Ilustrasi buka gratis di masjid Blangpidie (antaranews)

Ini adalah tips yang bisa Anda lakukan saat waktu sudah mendekati waktu buka puasa, tetapi Anda masih cukup jauh dari tujuan. Anda bisa segera mencari masjid terdekat untuk menunggu waktu berbuka. Anda pun bisa menyegerakan buka dan berdoa dengan lebih tenang.

Tips ini direkomendasikan bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi. Di masjid, Anda bisa mencuci tangan terlebih dahulu, berbuka puasa dengan tenang, salat, dan beristirahat sejenak. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan bukaan secara gratis karena banyak masjid yang menyediakan bukaan gratis bagi masyarakat yang datang ke masjid tersebut.

·         Cari tempat berhenti yang tepat

Jika Anda tidak menemukan masjid, Anda perlu mencari tempat menghentikan kendaraan pribadi yang tepat. Anda tidak dianjurkan berhenti di tengah jalan saat akan berbuka puasa.

Anda bisa mencari tempat yang aman dan tenang untuk berbuka puasa. Anda sebaiknya tidak berhenti secara tiba-tiba tanpa menepikan kendaraan karena hal tersebut berbahaya bagi diri Anda dan bisa menyebabkan kemacetan.

·         Tenang dan secukupnya

Anda memang tidak sedang di rumah, tetapi buka puasa tetap perlu dilakukan dengan tenang. Jangan lupa untuk menyebut nama Allah dan berdoa sebelum berbuka. Berbukalah dengan posisi duduk.

Minum dan makan dengan terburu-buru akan membuat organ pencernaan Anda terbebani. Anda juga berisiko tersedak jika terburu-buru. Selain itu, porsi makan dan minum Anda sebaiknya tidak banyak.

Setidaknya, Anda telah membatalkan puasa, mendapatkan asupan air, mendapatkan asupan makanan, serta melakukan sunah dari berbuka puasa tersebut. Tubuh Anda cukup mendapatkan energi meski hanya minum air putih beberapa teguk dan memakan 3 buah kurma.

·         Istirahat sejenak

Berkaitan dengan tips sebelumnya, Anda sebaiknya tidak langsung melanjutkan perjalanan setelah berbuka. Biarkan organ pencernaan melakukan tugasnya sejenak. Selain itu, Anda bisa mengisi tenaga dengan istirahat sejenak. Setelah itu, Anda disarankan mencari masjid atau musala terdekat, terutama jika Anda jarak dengan tujuan masih cukup jauh.

Rekomendasi