Ramadan jadi Saat Tepat Eratkan Hubungan Ortu dan Anak

| 10 May 2019 12:43
Ramadan jadi Saat Tepat Eratkan Hubungan Ortu dan Anak
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Rita Pranawati mengatakan, Ramadan merupakan saat yang tepat untuk meningkatkan kelekatan orang tua dengan anak melalui kegiatan-kegiatan positif selama berpuasa.

"Saat sahur dan menunggu waktu berbuka merupakan waktu-waktu kebersamaan keluarga yang jarang terjadi," kata Rita saat dihubungi di Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Kata Rita, saat Ramadan biasanya keluarga lebih banyak makan bersama dibandingkan bulan-bulan lain karena waktunya bersamaan saat sahur dan berbuka. Ketika makan bersama saat sahur dan berbuka itu, orang tua dapat mengobrol bersama anak tentang beberapa hal yang selama ini jarang dibicarakan bersama.

Orang tua juga perlu kreatif membuat kegiatan-kegiatan yang baik saat menunggu waktu berbuka puasa. Menurut Rita, orang tua jangan membiarkan anak asyik bermain sendiri menggunakan gawai.

"Isi waktu menunggu berbuka puasa dengan kegiatan-kegiatan menarik yang dilakukan orang tua bersama dengan anak-anak. Jenis kegiatannya bisa disesuaikan dengan usia anak."

Selain waktu sahur dan berbuka, ibadah bersama juga dapat meningkatkan kelekatan orang tua dan anak. Apalagi, Ramadan merupakan waktu-waktu yang baik untuk meningkatkan kualitas ibadah keluarga.

"Yang saya lihat, anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu saat berpuasa dengan memainkan gawainya. Seharusnya orang tua bisa lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan baik bersama anak."

<iframe src="https://open.spotify.com/embed-podcast/episode/0GNfBK8CFFw51hEQAUtt0R" width="100%" height="232" frameborder="0" allowtransparency="true" allow="encrypted-media"></iframe>

Tags : eramadan
Rekomendasi