Pulau Sabira Penjaga Utara Jakarta

| 14 Jan 2018 16:13
Pulau Sabira Penjaga Utara Jakarta
Kepulauan Seribu adalah gugusan pulau yang menjadi destinasi favorit wisatawan Jakarta dan sekitarnya. Dari sekin banyak pulau di sana, ada satu yang paling cantik, masih perawan dan berada di sisi paling utara Kepulauan Seribu, Pulau Sabira.

Pulau Sabira atau yang juga disebut Pulau Sebira adalah pulau paling utara di Kabupaten Kepulauan Seribu, makanya kerap disebut sebagai Pulau Penjaga Utara. Pulau ini tepatnya berada di Kelurahan P. Harapan, Kecamatan P. Seribu Utara, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Saat ini Pulau Sabira dihuni sekitar 500-an lebih penduduk. Luas Pulau Sabira terhitung kecil, sekitar 9,5 hektar dan berpenghuni cukup padat. Jika di Jakarta ada beberapa wilayah yang dinamai “Kampung Bugis” karena banyak dihuni warga bersuku Bugis, maka Pulau Sabira ini sepertinya cocok jika disebut sebagai “Pulau Bugis.”  karena mayoritas penduduk yang bermukim bersuku Bugis yang berasal dari Bone, Sulawesi Selatan. 

Salah satu spot unik di pulau yang terbilang jarang dikunjungi wisatawan ini adalah mercusuar peninggalan Belanda, Noordwatcher. Bangunan setinggi 48 meter ini dibangun pada tahun 1869 di masa pemerintahan Raja Willem III.

Tags :
Rekomendasi