Pulau Sabira Mercusuar Kelangsungan Penyu Sisik

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Guys, pernah mendengar nama Pulau Sabira? Pulau yang terletak di bagian paling utara Jakarta ini dijuluki Penjaga Utara, karena di pulau ini berdiri satu-satunya mercusuar yang ada di gugusan Kepulauan Seribu. Pulau Sabira dihuni oleh 500-an jiwa penduduk yang mayoritas bersuku Bugis. Keindahan panorama dari pulau yang terhitung masih perawan ini sangat menarik untuk dijelajahi. Sayang akses menuju Pulau Sabira masih sangat terbatas sampai saat ini. Rute pelayaran regular ke Pulau Sabira hanya tersedia sekali dalam seminggu.



Dengan luas sekitar 9,5 hektar, pulau ini memiliki sisi timur yang menjadi tempat bertelur Penyu Sisik (Eretmochelys imbricate). Wilayah pantai di bagian timur pulau Sabira memang kerap dijadikan tempat bertelur penyu sisik. Pantai ini adalah bagian kecil dari Pulau Sabira yang tidak menggunakan tembok penghalang air laut setinggi 5 meter. Karena sejak tahun 2015, pemecah ombak dipasang di pinggir Pulau Sabira untuk menahan laju ombak yang semakin tak terkendali dan mengakibatkan abrasi.



Di sisi timur inilah, Penyu Sisik tiap tahunnya berlabuh ke Pulau Sabira untuk bertelur. Tapi faktanya, saat ini Penyu Sisik menjadi salah satu spesies yang terancam punah.  IUCN Red List memasukkan Penyu Sisik ke dalam hewan yang berkategori Critically Endangered, fase kritis bagi kelangsungan hidup fauna tersebut. Awalnya masyarakat Pulau Sabira mengkonsumsi telur penyu sebagai makanan dan hal ini berlangsung selama bertahun-tahun. Namun saat ini para warga sudah paham mengenai penyu sisik. Alasan utamanya karena ada inisiatif 5 orang warga Pulau Sabira untuk membangun shelter penangkaran Penyu Sisik bernama Sebira Bahari.


 
Rumah bagi penyu sisik (Eretmochelys imbricateyang dibangun sejak tahun 2015 ini menjadi pusat edukasi tentang penyu bagi warga. Kegiatan konservasi ini telah berhasil melepaskan sekitar 730 tukik/anak penyu kembali ke alamnya. Hebatnya lagi, dana kegiatan konservasi ini berasal dari dana swadaya masyarakat di Pulau Sabira, Keren!

Tag: wisata fitur

Bagikan: