Bukan Ponsel, Lenovo Hadirkan Foldable Laptop

Tim Editor

Prototype Lenovo X1 (Lenovo.com)

Jakarta, era.id - Di saat developer teknologi sedang berkompetisi membuat ponsel layar lipatnya. Lenovo justru memperkenalkan prototype sebuah laptop dengan layar lipat pertamanya.

Laptop prototype Lenovo ini akan masuk dalam seri premium ThinkPad X1 yang rencananya bakal dirilis kepada publik pada 2020 mendatang. 

Seperti halnya ponsel layar lipat, laptop yang mengusung display  OLED 13,3 inci beresolusi 2K ini mampu dibentangkan maupun dilipat. Saat dilipat, dimensinya tak lebih besar dari ukuran sebuah buku, begitu juga beratnya yang diklaim Lenovo tak sampai 0,9 Kg.


Foldable Lenovo

Melansir dari The Verge, Rabu (15/5/2019) Lenovo belum mengungkap detil spesifikasi untuk perangkat laptop ini. Namun yang jelas sistem operasinya adalah Windows dan menggunakan prosesor dari Intel.

Soal cara menggunakan perangkat laptop ini juga terbilang mudah, mau dibentangkan secara lebar menggunakan keyboard eksternal, atau dapat dipakai seperti laptop reguler dengan setengah menekuk panel layarnya. Jadi tampilan layar akan terbagi menjadi layar utama dan panel keyboard virtual. 

Mirip dengan desain ponsel layar lipatnya Samsung Galaxy Fold, Lenovo membenamkan engsel flexible berlapis panel OLED agar bisa dibuka tutup layaknya laptop biasanya. 

Juru bicara Lenovo mengatakan bahwa segala masalah yang berkaitan dengan engsel, perlindungan, serta daya tahan layar, semuanya sudah diatasi.  Bahkan Lenovo mengklaim laptop ini nantinya harus lolos serangkaian uji militer sehingga daya tahan perangkatnya dapat teruji. 

Tampilan laptop foldable atau yang bisa dilipat-lipat sejatinya bukan ide baru bagi Lenovo. Sebut saja Yoga Book dan ThinkPad yang layar laptopnya bisa dilipat seperti Tablet.
 


 

Tag: laptop chipset teknologi 7nm layar lipat

Bagikan: