Beginilah Proses Terjangkitnya Cacar Monyet pada Tubuh

| 20 May 2019 18:28
Beginilah Proses Terjangkitnya Cacar Monyet pada Tubuh
Ilustrasi (Pixabay)
Bandung, era.id - Penyakit cacar monyet atau mongkeypox menjadi kekhawatiran di Indonesia. Tapi tenang, ada beberapa gejala yang bisa diketahui sebelum penyakit itu menyebar luas dan jadi bahaya.

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menjelaskan, gejala penyakit cacar monyet ini dimulai dengan adanya beruntus kemerahan di wajah, yang kemudian berubah menjadi berisi cairan seperti cacar, keruh, pecah dan jadi keropeng.

Berbeda dengan peyakit cacar lainnya yang menyerang daerah tubuh kemudian ke tungkai seperti lengan, penyakit monkeypox malah sebaliknya.

Menurut Kepala Kelompok Staf Medis Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin RSHS Bandung Oki Suwarsa mengatakan, pada saat beruntus kulit pecah diusahakan tidak terinfeksi oleh bakteri. Saat seperti inilah, kata Oki, faktor kebersihan jadi penentu perkembangan penyakit tersebut.

"Jadi kebersihan pada badan pun harus diperhatikan. Jadi mandi tetap mandi. Ya kemudian nanti tergantung situasinya, apakah kalau memang banyak keropeng-keropengnya penanganan di kulit biasanya kita berikan kompres," kata Oki, Bandung, Senin, Bandung, 20 Mei 2019.

"Jadi kalau misalkan masih berupa gelembung berisi cairan, bisa diberikan terapi yang lain itu kalau ada yang gatal kita berikan itu. Jadi yang harus kita perhatikan nanti, terutama supported untuk meningkatkan daya tahan tubuh pasien," tambah Oki. 

Oki melanjutkan, asupan makanan yang bergizi ke dalam tubuh pasien yang terpapar virus monkeypox sangat diperlukan sebagai penunjang kesehatan. 

Sebab, setiap penyakit yang disebabkan virus, dapat dilawan dengan daya tahan tubuh selama asupan makanan dengan gizi seimbang terpenuhi. Sel-sel yang berperan dalam daya tahan tubuh, secara otomatis akan menyingkirkan virus yang masuk. 

Selain makanan dengan gizi seimbang, mengkonsumsi suplemen vitamin dianggap dapat menunjang daya tahan tubuh dari serangan virus.

"Memang tidak ada pengobatan yang khsusus karena memang belum ada obatnya untuk cacar monyet ini. Jadi yang harus kita perhatikan keadaan umum pasien. Terapi supportive dilakukan agar tubuh si pasien itu, terutama imun seluruhnya itu meningkat dan bisa membunuh virus tersebut," ujar Oki.

Seseorang dapat terpapar penyakit monkeypox, apabila kekebalan tubuhnya sedang mengalami penurunan. Kategori kelompok yang rentan terpapar penyakit yang berasal dari monyet itu adalah anak-anak dan manula.

Tags : kesehatan
Rekomendasi