Musisi Indie Akan Terganggu oleh Kebijakan Baru Spotify

Tim Editor

    Ilustrasi (Pixabay)

    Jakarta, era.id - Layanan streaming musik Spotify akan mengubah kebijakan terkait unggahan musik. Dalam kebijakan barunya, Spotify akan membatasi para musisi untuk mengunggah langsung musik mereka.

    Kebijakan baru ini akan berdampak pada musisi independen karena Spotify nantinya akan menggandeng pihak ketiga, dalam hal ini label rekaman untuk terlibat sebagai pihak pengunggah.

    Dengan kata lain, siapapun musisi yang ingin mengunggah lagu harus tergabung atau setidaknya bekerjasama dengan label. Dalam keterangan resminya, Spotify mengumumkan, kebijakan itu akan diberlakukan pada akhir Juli 2019.

    "Cara paling berdampak kami dapat meningkatkan pengalaman memberikan musik ke Spotify untuk sebanyak mungkin artis dan label adalah dengan bersandar pada pekerjaan hebat yang sudah dilakukan mitra distribusi kami untuk melayani komunitas artis," tulis Spotify yang nukilannya dikutip altpress.com, Jumat (5/7/2019).

    “Selama setahun terakhir, kami telah sangat meningkatkan pekerjaan kami dengan mitra distribusi untuk memastikan kualitas metadata, melindungi artis dari pelanggaran, memberi pengguna mereka akses cepat ke Spotify untuk artis, dan banyak lagi.”

    Tak hanya meniadakan fasilitas unggah lagu secara langsung, Spotify juga akan menghentikan seluruh operasi aplikasi yang berbasis Beta. Nah, buat kamu yang Spotify-nya masih pakai versi Beta, siap-siap beralih ke Premium, ya.

    Tag: industri musik

    Bagikan :