Apakah Mengonsumsi Air Kemasan Botol Plastik Berbahaya?

| 25 Aug 2019 13:46
Apakah Mengonsumsi Air Kemasan Botol Plastik Berbahaya?
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Tubuh kita terdiri dari 60-70 persen air. Itu membuat kita harus menjaga kestabilannya dengan minum banyak air. 

Saat ini, mencari air minum sangat mudah. Bahkan dijual secara kemasan dengan menggunakan botol. Tapi, apakah air yang dikemas dalam botol aman untuk dikonsumsi?

Melansir boldsky.com, sebagian besar plastik terbuat dari rantai panjang molekul hidrokarbon dan sebagian besar plastik telah menambahkan bahan kimia yang digunakan untuk meningkatkan fleksibilitas atau bahkan warna botol. Keamanan botol plastik bervariasi tergantung pada jenis plastik yang digunakan. Produk berkualitas rendah mungkin memiliki masalah kesehatan serius seperti kanker.

Berikut adalah beberapa alasan, yang menunjukkan dampak negatif dari air minum dari botol plastik.

1. Penggunaan berulang-ulang 

Sebagian besar botol plastik yang tersedia di pasaran hanya untuk sekali pakai. Tetapi, banyak orang menggunakannya kembali untuk menyimpan air dan ini adalah hal yang salah. 

Plastik ini terbuat dari polyethene terephthalate (disingkat PET atau PETE), beberapa di antaranya menggunakan yang bebas BPA (bisphenol A, bahan kimia industri). 

Ketika plastik seperti ini digunakan berulang kali dan terpapar panas atau sinar matahari, dapat menyebabkan bahan kimia tersebut merembes dan tercampur ke dalam air. Beberapa bahan kimia ini kemungkinan merupakan pengganggu endokrin.

2. Komplikasi kehamilan 

BPA yang digunakan dalam botol air plastik tipe 7 terbukti menyebabkan komplikasi bagi wanita hamil dan janin. BPA meniru estrogen palsu dan ini dapat menyebabkan kelainan kromosom, yang mengakibatkan cacat lahir.

3. Pubertas awal atau akhir 

Paparan bahan kimia yang meniru hormon seperti estrogen akan mengubah waktu pubertas. Selain itu, juga dapat menurunkan kesuburan, meningkatkan lemak tubuh dan memengaruhi sistem saraf Anda. Properti seperti estrogen dari BPA kimia bisa sangat berbahaya bagi anak-anak yang sedang tumbuh.

4. Infeksi

Minum dari botol plastik murah berkualitas dapat memengaruhi sistem kekebalan kamu secara negatif. BPA memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan melemahkannya, sehingga tubuh Anda terkena berbagai infeksi. 

Mempertimbangkan kemungkinan efek samping yang ditimbulkan oleh air minum dalam kemasan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjauh dari bahaya yang ditimbulkan.

Dengan paparan ini, bisa disimpulkan plastik berbahaya, baik untuk tubuh kamu atau lingkungan. 

Menurut Penelitian Junior dalam Geografi Manusia di St John's College, Oxford, Sneha Krishnan mengatakan, kemasan senyawa dalam plastik berbahaya bila masuk ke tubuh manusia. Namun, hal itu masih dipelajari lebih lanjut.

"Saya pikir apa yang kita tahu pasti adalah Bisphenol A atau BPA yang ada dalam botol plastik (dan sumber lain seperti air tanpa filter) sedang disimpan di dalam sel kita. Senyawa dengan dosis yang lebih tinggi dapat menjadi racun bagi sistem endokrin kita, sistem saraf dan ginjal. Sampai sekarang, tingkat toksisitas dan efek samping yang terlihat pada tingkat tersebut sedang dipelajari," kata dia.

 

Rekomendasi