Gunakan Ponsel di Kamar Mandi Bisa Picu Wasir?

| 29 Sep 2019 19:15
Gunakan Ponsel di Kamar Mandi Bisa Picu Wasir?
Ilustrasi kamar mandi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Saat ini ponsel tak bisa lepas dari tangan kita, bahkan saat berada di kamar mandi. Ponsel sering kali dibawa dengan alasan untuk menghilangkan rasa bosan sampai mendengarkan lagu. Tetapi ini dapat memicu wasir. Kok bisa?

Meski terdengar aneh, membawa ponsel dapat menyebabkan seseorang duduk di toilet terlalu lama secara tidak sadar. Hal ini dapat membuat Anda terkena wasir, demikian menurut Dato Dr Meheshinder Singh, seorang konsultan umum dan kolorektal dari Pantai Medical Center in Kuala Lumpur di Malaysia.

Baca Juga: Mengenal Fobia Kancing: Koumpounophobia

Wasir atau hemoroid adalah pembengkakan atau pembesaran dari pembuluh darah di usus besar bagian akhir (rektum), serta dubur atau anus, dikutip Alodokter. Wasir sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni di dalam rektrum (wasir internal) dan di bawah kulit di sekitar anus (wasir eksternal).

Dilansir dari Medical Daily, posisi duduk yang lama disebutkan akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah anus di rektum bawah. Jadi, memainkan ponsel atau bahkan membaca buku ketika terlalu lama saat duduk di toilet dapat meningkatkan risiko wasir.

Baca Juga: Cegah Risiko Penyakit Jantung dengan Konsumsi Makanan Berserat

Poin yang menjadi sorotan di sini adalah durasi lamanya Anda beraktivitas di toilet duduk, bukan jenis aktivitasnya. Selain duduk, mengenjan terlalu berlebihan saat buang air besar juga dapat menyebabkan seseorang terkena wasir. Peregangan yang lama tersebut dapat menyebabkan jaringan pendukung bantal anal hancur.

Singh menyarankan untuk tidak membawa ponsel bahkan buku saat ke dalam toilet, yang dapat membuat aktivitas di toilet menjadi sangat lama. Selain itu, mencegah wasir juga dapat dilakukan dengan  konsumsi makanan kaya serat dan banyak minum air putih.

 

Tags :
Rekomendasi