Mengapa Tidak Ada Jam di Kamar Hotel? Ternyata Ini Alasannya

| 16 Nov 2023 23:00
Mengapa Tidak Ada Jam di Kamar Hotel? Ternyata Ini Alasannya
Ilustrasi kamar hotel tanpa jam (pexels)

ERA.id - Saat Anda menginap di hotel, sadar atau tidak, umumnya tidak ada jam yang dipasang di kamar. Ini bukanlah kelalaian, tapi mengapa tidak ada jam di kamar hotel?

Anda mungkin merasa terganggu karena harus selalu melihat jam tangan atau jam di ponsel. Namun, salah satu alasan dari tindakan ini adalah kenyamanan tamu. Untuk lebih jelas, simak penjelasan berikut, yang dirangkum dari berbagai sumber.  

Alasan Tidak Ada Jam di Kamar Hotel

1. Efisiensi biaya

Tidak dipasangnya jam di setiap kamar hotel dilakukan untuk efisiensi biaya untuk barang elektronik. Meski harganya tidak selalu mahal, tapi meniadakan jam di setiap kamar bisa membuat biaya operasian menjadi lebih ringan.

2. Rawan dicuri

Alasan lain dari tindakan ini adalah jam, baik di atas meja maupun di dinding, rawan diambil oleh pelanggan atau tamu. Meniadakan jam di kamar hotel membuat risiko kecurian semakin kecil sehingga efisiensi biaya lebih maksimal.

3. Ketenangan tamu

Suara detik dari jam dinding bisa sangat mengganggu kenyamanan dan ketenangan. Sementara, salah satu alasan orang menginap di hotel adalah untuk mendapatkan ketenangan. Oleh sebab itu, jam tidak dipasang di kamar hotel sehingga tamu bisa istirahat dengan tenang.

Tamu menikmati ketenangan di kamar hotel (pexels)

4. Mencegah tamu buru-buru pulang

Selain suara dari jam, ketenangan tamu juga bisa terganggu saat terus menerus melihat waktu yang berjalan. Tamu kadang menjadi buru-buru mengemasi barang saat melihat jam menunjukkan waktu mendekati waktu check out. Bahkan, masih berselisih agak lama pun kadang tamu sudah merasa tidak tenang dan terus menghitung waktu untuk check out.

5. Ada alternatif pengganti jam

Beberapa orang mungkin membutuhkan jam untuk membangunkannya. Namun, hotel telah menyediakan fasilitas wake up call yang dapat menggantikan peran tersebut. Selain itu, tamu umumnya memiliki jam digital atau ponsel yang bisa menjadi alarm.

Kenyamanan Hotel

Kebersihan adalah salah satu faktor penting dari kenyamanan hotel. Seperti diketahui, waktu check out hotel adalah pukul 12.00 sebab kamar yang telah ditinggalkan tamu harus segera dibersihkan.

Secara umum, pembersihan hotel dilakukan pada pukul 10.00—14.00 setiap hari. Terkait hal itu, ada beberapa hal yang punya peran penting terhadap kenyamanan hotel. Dilansir Hooch, berikut adalah rinciannya.

  • Kasur

Hal pertama yang jadi faktor kenyamanan hotel adalah kebersihan dan kenyamanan kasur. Tapi, mungkin Anda pernah melihat ada nida di sprei kasur. Bagaimana bisa terjadi?

Staf hotel yang membersihkan kamar tidak punya waktu untuk mencuci dan mengeringkan semua sprei dan selimut. Dilansir Daily Mail, salah satu staf hotel pernah menyebutkan, noda hanya dihapus atau ditepuk-tepuk agar tidak terlihat. Dia bahkan menyebutkan, sprei hampir tidak pernah diganti. Meski demikian, bukan berarti semua hotel menerapkan hal ini.

  • Kamar mandi

Kamar mandi tak hanya digunakan oleh tamu. Saat staf terburu-buru, sangat mungkin mereka juga menggunakan kamar mandi yang sedang dibersihkannya. Akan tetapi, kamar mandi tetap terjaga kebersihannya karena para staf punya kemampuan yang bagus untuk memastikan semua tampak rapi dan baik.

Itulah beberapa jawaban dari pertanyaan mengapa tidak ada jam di kamar hotel. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi