Perkenalkan, Heli 'UFO' Made in China

| 12 Oct 2019 18:40
Perkenalkan, Heli 'UFO' <i>Made in</i> China
Super Great White Shark (express.co.uk)
Jakarta, era.id - China segera meluncurkan helikopter tempur purwarupa yang bentuknya mirip dengan piring terbang (UFO) tahun depan. Alutsista baru itu merupakan eksperimen penting dan bisa menjadi andalan militer China di masa depan. 

Beberapa negara sebelumnya pernah melakukan eksperimen serupa, termasuk Amerika Serikat, namun akhirnya gagal diperkenalkan.

"Bisa atau tidaknya helikopter ini dipraktikkan, pesawat ini telah memberikan manfaat bagi China dalam mengembangkan tekonologi helikopter masa depan," demikian seorang pengamat yang dikutip dari express.co.uk, hari ini.

Helikopter yang diberi nama Super Great White Shark itu dipamerkan di Kota Tianjin mulai Kamis (10/10) hingga Minggu (13/10/2019). mempunyai dimensi panjang 7,6 meter dan lebar 2,85 meter dengan kokpit di tengah.

 

Di dalam lingkar pesawat terdapat sistem rotor yang memungkinkan pesawat terangkat vertikal. Di sisi kanan dan kiri yang dapat terlihat dari kokpit terdapat dua mesin turbojet yang bisa mendorong pesawat secara horisontal dengan kecepatan tinggi. Heli ini dioperasikan oleh dua pilot dengan menggunakan kemudi di bawah sistem rotor.

Kemudi atau rudder tersebut juga dapat bekerja dengan sistem rotor yang memungkinkan pesawat terdorong secara horisontal dengan kecepatan rendah.

Helikopter piring terbang itu mampu tinggal landas dengan beban 6.000 kilogram, berkecepatan maksimum 650 kilometer per jam, berketinggian 6.000 meter, dan kemampuan menanjaknya 16,5 meter per detik.

Dijadwalkan, Super Great White Shark terbang perdana pada China Airshow 2020

 

Tags : china
Rekomendasi