Bangga! Piala Dunia U-20 Digelar di Indonesia

| 24 Oct 2019 13:05
Bangga! Piala Dunia U-20 Digelar di Indonesia
Logo perhelatan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia (dok.PSSI)
Jakarta, era.id - Indonesia akhirnya terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Keputusan ini diambil lewat FIFA Council Meeting yang berlangsung di Shanghai, Tiongkok.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino setelah pengambilan keputusan bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Di mana Indonesia berhasil menyisihkan Brasil dan Peru yang juga mengajukan diri.

"Untuk FIFA World Cup U-20 pada 2021 akan digelar di Indonesia. Selamat, selamat untuk Indonesia," kata Infantino seperti unggahan video resmi PSSI di Twitter, Kamis (24/10/2019).

 

Dikutip dari Antara, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyambut baik keputusan FIFA untuk menggelar Piala Dunia di tanah air.

"Alhamdulilah presentasi PSSI diterima dengan baik, sehingga Indonesia bisa menjadi tuan rumah dari Piala Dunia U-20," kata Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widako.

Ini adalah kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah turnamen resmi FIFA. Sebelumnya, turnamen besar yang pernah digelar Indonesia adalah Piala Asia 2007 bersama Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah, otomatis skuat Garuda Muda mendapat jatah satu tempat di ajang Piala Dunia U-20. Timnas akan bersaing dengan 23 negara lainnya memperebutkan gelar juara dua tahun mendatang.

10 Stadion

Untuk mensukseskan perhelatan Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Guna menyokong rencana itu, PSSI mengajukan sepuluh stadion yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Termasuk, Stadion Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta.

 

Selain GBK Senayan, lima di antaranya pernah menjadi venue Asian Games 2018. Yakni, Wibawa Mukti (Cikarang), Pakansari (Bogor), Patriot Candrabhaga (Bekasi), dan Si Jalak Harupat (Bandung). Serta, Stadion Jakabaring (Palembang) yang merupakan venue tim sepakbola putri di pesta olahraga negara-negara Asia itu.

PSSI juga mengajukan Mandala Krida (Yogyakarta) Manahan (Solo), serta dua home base klub Liga 1 Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan I Wayan Dipta (Bali).