Desainnya memang seakan membawa kita kembali ke masa tahun 1950-an dan 60-an di kota Roma. Mengusung tampilan khas Italia sebagai penafsiran ulang gaya hidup kontemporer dan bebas.
Tampilan ini mewujudkan bahasa desain yang sangat modern dan mempertegas gaya otentiknya, yang telah di sempurnakan. Pada saat yang sama, aplikasi garis-garis ramping mempertahankan ciri sporty yang dimiliki oleh semua mobil Ferrari.
Ferrari Roma bukan cuma layak dipuji dari sisi desain. Sebagai mobil yang identik dengan kecepatan, Ferrari Roma tak abai di sisi teknologi untuk menjamin kinerja terbaik di kelasnya.
Tim riset Ferrari mengembangkan spoiler belakang yang terintegrasi dengan kaca belakang. Tujuannya supaya keanggunan mobil tetap dipertahankan sambil menghasilkan downforce untuk kinerja luar biasa.
Dalam rilis Ferrari yang diterima meja redaksi era.id, Jumat (15/11/2019), Kuda Jingkrak 2+ coupe ini dilengkapi mesin turbo V8 yang menghasilkan tenaga 620 hp pada 7.500 rpm. Salah satu mesin V8 yang telah memenangkan penghargaan the International Engine of the Year selama empat tahun berturut-turut itu, dilengkapi dengan fitur Variable Boost Management untuk respon gas yang instan.
Dengan adopsi Gasoline Particulate Filter, perhatian yang cermat juga difokuskan pada suara sistem pembuangan yang telah sepenuhnya didesain ulang, menghilangkan peredam suara dan memperkenalkan katup bypass yang baru.
Gearbox dual-clutch 8-speed baru pada mobil ini lebih padat dan 6 kg lebih ringan dibanding pendahulunya yang bertransmisi 7-speed. Selain mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi, pergantiannya lebih cepat dan lebih mulus sehingga membuat mobil lebih responsif di jalan terbuka juga sangat nyaman di kota dan dalam situasi macet.
Sasis Ferrari Roma memanfaatkan teknologi modular yang dikembangkan oleh Ferrari untuk model-model generasi barunya. Baik bodyshell maupun sasis telah dirancang ulang untuk menyesuaikan penurunan berat unit dan teknologi produksi tercanggih. Bahkan, 70% komponennya sepenuhnya baru. Ferrari Roma bermesin tengah belakang 2+ memiliki rasio bobot/kekuatan terbaik di segmennya (2,37 kg/cv) sehingga mampu meningkatkan dinamika kemudi dan daya tanggap.
Ferrari Roma dilengkapi dengan sistem dinamik yang terkini, contoh yang paling nyata yaitu Side Slip Control 6.0 (pertama untuk mobil Ferrari GT) dengan Ferrari Dynamic Enhancer dan tombol manettino 5 arah yang mengendalikan sudut yaw dengan menyesuaikan tekanan rem kaliper secara hidrolik.
Untuk bagian kabin Ferrari Roma, perancang di Ferrari Styling Center telah mengembangkan sebuah pendekatan formal baru meliputi pembuatan dua ruang terpisah. Satu untuk pengemudi dan satu untuk penumpang.
Roda kemudi baru dirancang menggunakan filosofi "Eyes on the road, hands on the wheel". Jadi semua perintah utama mobil ditindaklanjuti oleh kontrol haptic, memastikan pengemudi tidak harus menggerakkan tangan mereka dari kemudi.
Ferrari Roma
Spesifikasi Teknis
MESIN
Tipe V8 - 90° turbo
Keseluruhan perpindahan 3855 cc
Bore dan stroke 86.5 mm x 82 mm
Output daya maks.* 456 kW (620 cv) pada 5750 - 7500 rpm
Torsi maks. 760 Nm pada 3000 - 5750 rpm
Kecepatan mesin maks. 7500 rpm
Rasio kompresi 9.45:1
DIMENSI DAN BERAT
Panjang 4656 mm
Lebar 1974 mm
Tinggi 1301 mm
Jarak roda 2670 mm
Track depan 1652 mm
Track belakang 1679 mm
Berat kosong** 1570 kg
Berat kering** 1472 kg
Berat/daya kosong 2.37 kg/cv
Kapasitas booting 272 liter/ 345 liter
Kapasitas tangki bahan bakar 80 l
BAN DAN RODA
Depan 245/35 ZR20; 8J x 20”
Belakang 285/35 ZR20; 10J x 20”
REM
Depan 390 mm x 34 mm
Belakang 360 mm x 32 mm
TRANSMISI DAN GEARBOX
8-speed F1 dual-clutch gearbox
Kontrol elektronik EPS, VDC, ABS with EBD, F1-TCS, E-Diff3, SSC 6.0, FDE, SCM-E Frs
Kinerja
0-100 km/jam 3.4 s
0-200 km/jam 9.3 s
Kecepatan maks. > 320 km/jam