Saat Wamenhan Kunjungi Kawasan Industri Pertahanan India

Tim Editor

Wamenhan Sakti Trenggono (Dok. Kemhan)

Jakarta, era.id - Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono menghadiri salah satu pameran industri pertahanan terbesar di dunia, DefExpo 2020 di Lucknow, India pada Rabu (5/2).

Wamenhan menghadiri pameran yang telah sebelas kali dilaksanakan oleh Kementerian Pertahanan India itu bersama Dirjen Renhan Kemhan Marsda TNI Dody Trisunu, Kabaranahan Mayjen TNI Budi Prijono, Dirtekindhan Laksma TNI Sriyanto, dan sejumlah asisten khusus Wamenhan.

Wamenhan Trenggono bergabung bersama 35 menteri pertahanan dari berbagai negara atau pejabat setingkatnya kala Perdana Menteri India Narendra Modi membuka pameran yang diikuti sekitar seribu perusahaan, di mana 165 perusahaan diantaranya dari luar India.

"Sangat strategis mengikuti kegiatan seperti DefExpo 2020 ini. Pertama, kita bisa melihat perkembangan terbaru dari industri pertahanan global. Kedua, melakukan diplomasi pertahanan dengan sejumlah negara yang potensi diajak kerja sama. Ketiga, mempromosikan industri pertahanan lokal ke global," papar Wamenhan Trenggono disela-sela kunjungan.
 
Pada kesempatan itu Wamenhan juga mengaku mendapatkan ilmu banyak tentang bagaimana cara India merealisasikan ambisinya menjadi salah satu pusat manufaktur pertahanan internasional dengan mengajak perusahaan-perusahaan pertahanan dunia berinvestasi di negaranya.

"Lucknow ini ibukota dari Uttar Pradesh yang merupakan negara bagian India terbesar dari segi populasi dan berhasil menjadi kawasan industri pertahanan. Kuncinya harus ada kepastian order dari Kementerian Pertahanan dan Kementrian/Lembaga Pemerintah yang lain, untuk memandirikan industri pertahanan nasional ke tingkat global," tutupnya.

Tag: pertahanan

Bagikan: