Aksi Walk Out untuk Kemenangan Roman Polanski di Cesar Award

| 29 Feb 2020 18:29
Aksi <i>Walk Out</i> untuk Kemenangan Roman Polanski di Cesar Award
Aksi Tolak Polanski (Deadline)

Jakarta, era.id  - Roman Polanski kembali meraih penghargaan untuk kategori Sutradara Terbaik dalam Penghargaan Cesar 2020. Namun, kemenangan itu merupakan kemenangan sinis dari para perupa yang datang ke acara penghargaan internasional tersebut. 

Seperti dilansir New York Times , Sabtu (29/2/2020) mereka memutuskan untuk  keluar  dari lokasi acara saat nama Polanski menyetujui.

Film terbaru dari Polanski,  An Officer and the Spy  berhasil masuk ke dalam 12 nominasi César Awards 2020, yang juga membawakan Polanski sebagai sutradara terbaik. 

Kendati kemenangan tersebut, aktris cantik Adéle Haenel terlihat meninggalkan lokasi saat nama Polanski keluar sebagai pemenang. Dia juga melambaikan duduk sambil duduk menuju pintu keluar. 

Aksi  walk out  ini pun dilakukan lantaran Polanski pernah melakukan pemerkosaan terhadap gadis 13 tahun. Pemerkosaan ini terjadi di Amerika Serikat tahun 1978. Karena kasusnya tersebut merebak, Polanski meminjamkan diri ke Prancis. 

César Awards sendiri merupakan ajang penghargaan film tertinggi sekelas Oscar yang berbasis di Prancis. Meski menang sebagai sutradara terbaik, Polanski mangkir dari acara penghargaan tersebut. 

Sementara itu, pembela keadilan pun ikut memadati lokasi acara. Mereka menang di luar untuk melakukan aksi boikot melawan Polanski juga kemenangan yang dia raih. 

Bukan hanya Adéle Haenel saja yang meninggalkan lokasi acara, sutradara film  Portrait of a Lady on Fire , Céline Sciamma juga meninggalkan acara penghargaan tersebut. 

Polanski pernah mendapatkan penghargaan Seperti pada tahun 2017, tapi ia menolaknya.

Sutradara meminjam 86 tahun lolos dari jeratan hukum atas pemeriksaan pemerkosaan yang dia lakukan di Amerika. Ia melarikan diri ke Prancis hingga hari ini.

Tags : piala oscar
Rekomendasi