Virtual Photoshoot Solusi Pemotretan di Tengah Pandemi

Tim Editor

    Sedang memuat podcast...

    Virtual photoshoot. (Instagram @photosbyreem)

    Jakarta, era.id - Kebijakan physical distancing atau jaga jarak fisik yang diterapkan sejumlah negara hampir membuat Kareem Virgo kehilangan pekerjaannya. Fotografer asal Florida Selatan itu pun terpaksa putar otak untuk membuat bisnisnya tetap lancar di tengah pandemi COVID-19.

    Dibantu sang istri, Sandy Virgo, Kareem akhirnya membuat ide untuk memotret kliennya lewat virtual photoshoot. Sebelum menemukan metode tersebut, dia mengaku kehilangan banyak pekerjaan, baik karena ditunda atau dibatalkan klien.

    "Tentu saja ini bukan peralatan fotografer normal yang saya gunakan, tetapi pengalaman itu sendiri lebih penting daripada pemotretan," kata Kareem, dikutip dari ABC News, Rabu (15/4/2020).

    Ide cemerlang ini bermula dari pembicaraanya dengan istrinya. Di mana keduanya harus tetap produktif di tengah pandemi. Maka muncul lah metode virtual photoshoot lewat FaceTime. Sandy juga membantu klien dalam mengarahkan gaya, cara memegang handphone, hingga pose yang harus dilakukan.

    Sesi pemotretan lewat virtual photoshoot ini memakan waktu 5 hingga 10 menit. Setelah melakukan pemotretan, Kareem juga akan mengedit hasil foto yang akan diserahkan kepada para kliennya. "Aku masih shock," ungkapnya saat mengetahui ada ratusan order virtual photoshoot kepadanya dari seluruh negeri.
     


    Sebelum pandemi COVID-19 ini merebak, Kareem bekerja di studio foto Reem Photography. Itu adalah satu-satunya sumber pendapatannya. Tapi yang menarik, dengan metode barunya ini Kareem dan Sandy justru tidak memungut biaya kepada para kliennya. Mereka mengaku hanya ingin menebar kebaikan di tengah pandemi.

    "Kami tidak bisa memberi label harga untuk ini. Hal ini membawa sukacita bagi banyak orang bahkan melalui penemuan ini," kata Sandy Virgo selaku tim manajemen bisnis.

    Dalam beberapa minggu ke depan, bisnis barunya ini mendapat 500 order yang tersebar di seluruh negeri. Salah satu kliennya, Faith Thomas mengatakan bahwa sesi foto ini bukan hanya sekadar foto biasa saja.

    "Melakukan pemotretan ini adalah sebagai harapan yang kami butuhkan selama ini. Ini pengingat bahwa masih ada keindahan dalam semua kekacauan yang terjadi," kata Thomas.
     


    Bukan cuma Thomas dan kekasihnya saja, Jamar Germain asal Miami juga mengaku terpukau dengan hasil pemotretan virtual itu. Bahkan dia dan pacarnya tak bisa mengalihkan perhatiannya dari hasil foto yang luar biasa.

    Dengan hasil dan kepuasan pelanggan ini, Kareem justru memiliki rencana untuk tetap melakukan virtual photoshoot meski pandemi COVID-19 nantinya telah berakhir. Ini juga dipertahankan demi memudahkan para klien mereka yang enggak bisa datang langsung selama pemotretan berlangsung.

    "Cobalah untuk membuat yang terbaik dari situasi ini, menjadi sedikit tak kenal takut, dan coba sesuatu yang baru karena Anda tidak tahu mungkin Anda menginspirasi banyak orang," kata Kareem Virgo.

    Bukan cuma di Florida saja, di Indonesia sejumlah selebritas juga turut mencoba melakukan virtual photoshoot di antaranya Luna Maya, Ana Octarina, Alika Islamadina, hingga Raisa. Menariknya, Ana Octarina berperan sebagai fotografer, yang memotret Alika Islamadina lewat video call.


    (Instagram @anaoctarina)

    Pemanfaatan video call melalui laptop ini dipilih guna memudahkan tangkapan gambar yang lebih besar. Ana mengaku terinspirasi dari fotografer ternama, Michael Fabian Cools. Sebelumnya, Michael sudah lebih dulu melakukan virtual photoshoot bersama Raisa. Keisengannya ini ternyata menghasilkan karya baru yang luar biasa baginya.


    (Instagram @michaelcools)

    Tentu saja virtual photoshoot ini memiliki kendala yakni koneksi internet. Di mana koneksi internet dari kedua belah pihak harus stabil dan memiliki kualitas yang baik. Kalau enggak, hasilnya pasti enggak akan maksimal dan pekerjaan akan menjadi dua kali lipat.

    Bagaimana? Tertarik bikin virtual photoshoot juga?

    Tag: fotografi covid-19

    Bagikan :