Perdebatan Soal Klub Sepak Bola Tertua di Dunia

| 22 Apr 2020 07:56
Perdebatan Soal Klub Sepak Bola Tertua di Dunia
Crystal Palace (Express)
Jakarta, era.id - Klub Liga Premier Inggris, Crystal Palace, mengklaim sebagai tim sepak bola profesional tertua di dunia.

Saat ini Sheffield FC diakui Federasi Sepak Bola Inggris (FA) sebagai tim sepak bola amatir tertua di dunia yang didirikan pada 24 Oktober 1857, sedangkan untuk tim profesional pertama disandang oleh Notts County yang berdiri November 1862.

Palace diketahui secara umum didirikan pada 1905, tetapi penelitian yang dituangkan dalam buku terbaru Peter Manning dalam Palace At The Palace: A History of the Crystal Palace and its Football Club 1851-1915 mengklaim bahwa Crystal Palace didirikan pada 1861 dan memainkan pertandingan pertama mereka Maret 1862.

Palace bahkan memproduksi sebuah wawancara khusus dengan Manning dalam tayangan yang diunggah melalui laman berbagi video, YouTube, pada Rabu untuk menjabarkan temuan baru tersebut.

Seperti dikutip dari Squawka, Rabu (22/4/2020), pada 1852 perusahaan baja dan kaca Crystal Palace Company didirikan, kemudian perusahaan itu membuka lapangan kriket lima tahun kemudian yang sekaligus mendirikan klub Crystal Palace.

Tradisi Inggris era Victoria mencatat bahwa atlet kriket biasanya bermain sepak bola pada musim dingin untuk menjaga kebugaran mereka dan dampaknya pada 1861 klub Crystal Palace mendirikan cabang sendiri untuk olahraga permainan si kulit bundar tersebut.

 

Crystal Palace menurut Manning sudah memainkan pertandingan perdananya pada 15 Maret 1862. Palace juga sudah mengikuti ajang Piala FA edisi perdana yang dilangsungkan pada 1871/72 dan berhasil mencapai babak semifinal.

Tetapi kemudian klub asal London tersebut berhenti tampil di pertandingan resmi sepak bola Inggris, diduga karena pertandingan sepak bola dianggap merusak lapangan kriket.

The Eagles kembali merumput pada 1894 setelah perusahaan membangun stadion. Stadion tersebut juga menjadi venue untuk 20 partai final Piala FA dimainkan di sana pada kurun waktu 1895-1914.

Kemudian pada 1905 perusahaan mendirikan klub profesional Crystal Palace yang mayoritas sahamnya dimiliki pabrik besi tersebut. Presiden Crystal Palace Steve Parish mengapresiasi penelitian Manning sebagai bukti atas klaim mereka sebagai klub profesional tertua di dunia.

"Sebagai suporter Crystal Palace seumur hidup, luar biasa rasanya kami akhirnya memiliki klaim sah sebagai klub profesional di dunia yang masih aktif, bahwa kami hadir di rapat pertama FA dan sejarah kami berakar pada klub kriket era Victoria pada 1861," katanya dalam situs resmi Palace.

"Saya berterima kasih kepada Peter Manning atas kerja kerasnya meneliti sejarah pasti klub ini. Ini kisah luar biasa dan saya harap suporter bisa menikmatinya saat kami angkat ke film ini," ujar Parish pada tayangan berdurasi 17 menit 39 detik yang diunggah di akun YouTube Palace.

Belum ada tanggapan resmi dari FA terkait klaim ini. FIFA juga mengakui Sheffield FC sebagai klub tertua di dunia.

Sheffield FC memang kalah pamor dengan dua klub asal Yorkshire itu yakni Sheffield United dan Sheffield Wednesday. Musim ini, mereka berkompetisi di Northern Premier League Division 1 South East, yang merupakan kompetisi kasta kedelapan di liga sepak bola Inggris.

 

Tags : liga inggris
Rekomendasi