Tips Mengatasi Bibir Kering Selama Berpuasa

| 26 Apr 2020 16:05
Tips Mengatasi Bibir Kering Selama Berpuasa
Ilustrasi (Anemone123 dari Pixabay)
Jakarta, era.id - Ketika sedang berpuasa, bibir akan menjadi kering dan pecah-pecah. Permasalahan ini tak hanya dirasakan oleh wanita, tapi juga pria. Timbulnya tanda-tanda ini diakibatkan kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh. 

Bila dibiarkan secara terus menerus, kondisi tersebut dapat menyebabkan sariawan di sekitar mulut. Sebab, bibir berbeda dengan kulit tubuh lainnya karena tidak memiliki kelenjar minyak. 

Dilansir dari hallosehat, Minggu (26/4/2020), berikut tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat berpuasa:

1. Perbanyak minum air putih

Cara terbaik mengatasi bibir kering adalah terpenuhnya asupan cairan tubuh. Memang, minum air putih tidak bisa dilakukan siang hari saat berpuasa. Pastikan minum delapan gelas air dalam sehari supaya terhindar dari dehidrasi dan masalah bibir kering dan pecah-pecah. 

2. Hindari minuman berkafein saat sahur dan berbuka puasa

Dikutip dari Livestrong, beragam minuman dalam kandungan kafein seperti minuman energi, bersoda, kopi, dan alkohol dapat menimbulkan bibir kering dan pecah-pecah. Maka dari itu, selama berpuasa ini hindari minuman kandungan kafein baik itu sahur maupun berbuka puasa.

Selain masalah di bibir, minum kafein dapat memperberat kerja sistem pencernaan sehingga menimbulkan rasa tak nyaman dan terganggu.

3. Menghindari makanan asin dan pedas

Bagi kalian tipe makanan asin dan pedas, ada baiknya menghindarinya untuk sementara waktu. Makanan asin dan pedas bisa menyebabkan bibir semakin kering. Selain itu, membuat tenggorokan semakin kering, cepat haus, dan mudah dehidrasi.

4. Mengonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral

Kandungan nutrisi pada sebagian makanan dapat membantu melawan masalah bibir kering. Ada baiknya memfokuskan asupan menu makanan sahur dan buka puasa untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Salah satunya, Vitamin B yang dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah karena paparan sinar matahari. Makanan yang kaya vitamin B seperti ikan, unggas, dan golongan kacang-kacangan.

Selalu ingat, untuk mengonsumsi vitamin C di menu sahur dan buka puasa. Vitamin C mengandung antioksidan yang bisa mengatasi sariawan dan bibir pecah-pecah. Asupan sumber vitamin C yang bisa kita konsumsi, di antaranya buah jeruk, pepaya, mangga, dan sayuran.

Kita juga bisa mengonsumsi asam lemak omega-3 karena bersifat antiradang. Makanan yang bisa kita santap adalah tuna, mackerel atau telur ayam.

5. Gunakan lip balm

Lip balm merupakan pelembap bibir yang membuat lebih kenyal dan sehat. Tak hanya perempuan, para pria juga bisa aplikasikan lip balm untuk menjaga kelembapan bibir saat berpuasa. Pilih lip balm dengan kandungan SPF untuk mencegah bibir kering akibat paparan sinar matahari.

Hindari lip balm dengan kandungan eucalyptus atau menthol, sebab memperparah dan mengiritasi bibir. Sebaiknya, gunakan lip balm yang mengandung petrolatum, seperti petroleum jelly, untuk memberikan sensasi kelembapan alami di bibir.

6. Hindari kebiasaan menjilat bibir

Terkadang, seseorang suka reflek menjilat atau membasahi bibir supaya tak kering atau pecah-pecah. Sebab, air liur membuat bibir lebih segar sesaat. Namun, ketika air liur mengering, justru dapat menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis, sehingga bibir semakin kering dan mengelupas.

Tags : eramadan
Rekomendasi