Dekati Bumi, Asteroid pun Pakai 'Masker'

| 28 Apr 2020 12:37
Dekati Bumi, Asteroid pun Pakai 'Masker'
Jakarta, era.id - Sebuah asteroid berukuran besar akan mendekati bumi pada Rabu (29/4/2020) besok. Uniknya, asteroid tersebut terlihat seperti memakai masker, seakan tahu jika planet yang akan dilewatinya tengah menghadapi peandemi virus berbahaya.

Asteroid bernama 1998 OR2 itu memiliki ukuran yang cukup besar dengan diameter 1,2 mil. Penampakan asteroid seperti mengenakan masker tersebut ditangkap oleh teleskop Arecibo Observatory di Puerto Rico. 

Tapi tenang, asteroid yang juga dikenal sebagai 52768 ini tidak akan melintas terlalu dekat dengan Bumi. Jaraknya 3,9 juta mil pada titik yang terdekatnya. Para ilmuwan telah mengambil beberapa gambar asteroid termasuk pada permukaannya. 

"Asteroid ini memiliki fitur perbukitan dan bergunung-gunung. Asteroid ini memang tampak seperti mengenakan masker pada salah satu sisinya," ujar Anne Virki dari Arecibo Observatory, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (28/4/2020). 

NASA akan meneliti asteroid 1998 OR2 untuk mengetahui lintasn dan orbitnya. Dengan tingkat akurasi yang tinggi, kita akan tahu benda langit apa saja yang melintas atau menjadi ancaman bagi kehidupan Bumi. 

Dengan diameter 1,2 mil, 1998 OR2 bisa menjadi ancaman besar jika orbitnya menghantam Bumi. Namun, sampai saat ini, Planet Bumi masih aman karena belum ada asteroid atau benda langit yang akan menghantamnya dalam waktu dekat.

 

Rekomendasi