Apa Artinya Formula 1 Tanpa Kehadiran Penonton

| 10 May 2020 01:10
Apa Artinya Formula 1 Tanpa Kehadiran Penonton
Ilustrasi pebalap dan penonton (Photo by Kévin Langlais on Unsplash)
Jakarta, era.id - Juara dunia enam kali Lewis Hamilton pasti akan punya kesan sendiri jika kemungkinan balapan di Inggris digelar tanpa penonton. Satu yang pasti, itu bukan kesan yang manis karena akan terasa hampa. Tapi Hamilton sudah tidak sabar kembali ke trek setelah berbulan-bulan menunggu.

Musim balapan yang seharusnya mulai pertengahan Maret di Australia itu terpaksa tertunda karena krisis kesehatan global melanda.

Namun setelah sejumlah negara melonggarkan aturan karantina wilayah, Formula 1 berupaya memulai lagi musim yang tertunda pada awal Juli nanti di Austria, diikuti Inggris, dengan skenario tanpa penonton untuk sejumlah grand prix di awal.

"Itu memberi saya perasaan yang kosong, karena para pendukunglah yang meramaikan balapan," kata Hamilton dalam wawancara via video yang dilansir Mercedes dan dilansir dari Antara, Sabtu (9/5/2020).

"Di seluruh dunia, lebih banyak pendukung maka lebih banyak atmosfer yang kalian dapati, itu lah kenapa kita memiliki tempat seperti Silverstone dan Monza, akan jadi sangat kosong."

"Aku tak tahu bagaimana asiknya nanti bagi orang-orang menonton di TV tapi itu lebih baik daripada tidak sama sekali," kata pebalap berusia 35 tahun asal Inggris itu.

"Bagi kami, ini akan seperti ketika tes," kata Hamilton. Namun, ketika tes pramusim di Barcelona pun, masih ada penonton yang menyaksikan di tribun Sirkuit Barcelona-Catalunya pada Februari lalu.

Hamilton memiliki rumah di Monako dan Amerika Serikat namun ia tak menyebut di mana ia melewatkan hari-hari selama lockdown. Bagi pebalap yang terbiasa keliling dunia, ini adalah pengalaman pertama Hamilton berada di satu tempat untuk enam pekan.

"Ini seperti berkah di satu sisi karena ini membuat kalian mengapresiasi hal-hal yang kalian cintai dan lakukan."

 

Tags : f1
Rekomendasi