Enggak Bikin 'Becek', Timun Punya Banyak Manfaat untuk Perempuan

Tim Editor

Ilustrasi manfaat timun (Foto: Pexels/Concept Production)

Jakarta, era.id - Mentimun, timun, atau ketimun adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin A, B, C dan mineral. Terkadang timun kerap dikaitkan menjadi penyebab 'becek' pada perempuan.

Istilah becek sendiri, kerap disebut perempuan untuk menggambarkan kondisi vagina yang keputihan. Namun dikutip dari Hallo sehat, tidak ada studi yang menghubungkan antara makan timun dengan penyebab keputihan pada perempuan.

Bahkan ternyata, timun punya manfaat besar bagi kesehatan. Seperti dilansir Healthline, Selasa (23/6/2020) berikut kandungan timun yang bermanfaat bagi kesehatan.

1. Nutrisi yang tinggi 

Mentimun adalah makanan rendah kalori tetapi banyak vitamin dan mineral penting. Satu mentimun mentah berkadar dengan berat 300 gram yang mengandung beragam nutrisi. 

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi. Bahkan, mentimun terdiri dari sekitar 96 persen air. Untuk memaksimalkan kandungan nutrisi mereka, mentimun harus dimakan tanpa dikupas. Mengupasnya mengurangi jumlah serat, vitamin dan mineral tertentu.

2. Mengandung antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang menghambar oksidasi, reaksi kimia yang membentuk atom yang sangat reaktif dengan elektron tidak berpasangan yang dikenal sebagai radikal bebas.

Mentimun sangat kaya akan antioksidan yang bisa mengurasi risiko beberapa penyakit kronis, seperti jantung, paru-paru, dan autoimun. Sifat antioksidan mentimun mengandung flavonoid dan tanin, yang merupakan dua kelompok senyawa sangat efektif dalam memblokir radikal bebas yang berbahaya.

3. Mendukung hidrasi

Air menjadi peran penting untuk fungsi tubuh. Air berperan dalam proses seperti pengaturan suhu dan sirkulasi limbah tubuh dan nutrisi. Faktanya, hidrasi yang tepat dapat memengaruhi segalanya, mulai dari kinerja fisik hingga metabolisme. 

Dalam satu studi, menemukan mentimun mampu meningkatkan asupan yang dikaitkan dengan peningkatan status hidrasi. Karena mentimun terdiri dari sekitar 96 persen air, mereka sangat efektif dalam meningkatkan hidrasi dan dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan cairan harian yang dibutuhkan.


Ilustrasi (Unsplash/@shotsoflouis)

4. Menurunkan berat badan

Mentimun bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan karena kandungan air timun yang terbilang tinggi. Mentimun sangat rendah kalori yakni 16 kalori per cangkirnya. Buah panjang satu ini mengandung serat pada kulitnya. Makanan yang mengandung serat mampu membantumu untuk menjaga berat badan agar sehat dan ideal.

Kamu bisa menikmati mentimun dengan dikonsumsi mentah dalam salad sebagai makanan tambahan, atau difermentasi sebagai acar maupun jus sayuran. Usahakan mengonsumsi mentimun yang ditanamkan secara organik.

5. Menurunkan gula darah

Beberapa penelitian pada hewan percobaan menemukan mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes. Salah satu penelitian hewan meneliti efek berbagai tanaman terhadap gula darah. Mentimun terbukti efektif mampu mengurangi dan mengontrol kadar gula darah.

Penelitian pada hewan lain menginduksi diabetes pada tikus dan kemudian menambahkannya dengan ekstrak kulit mentimun. Kulit mentimun mengurangi sebagian besar perubahan terkait diabetes dan penurunan gula darah. Selain itu, mentimun bisa mengurangi stres oksidatif dan mencegah komplikasi diabetes.

Namun, bukti saat ini terbatas pada penelitian hewan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana mentimun dapat mempengaruhi gula darah pada manusia. 

Tag: timun lifestyle kesehatan

Bagikan: