Arab Saudi Gelar Festival Musik Jazz Pertamanya

| 25 Feb 2018 19:59
Arab Saudi Gelar Festival Musik Jazz Pertamanya
Festival Musik Jazz Pertama di Arab Saudi (Foto: Ilustrasi)
Jakarta, era.id - Arab Saudi dikenal sebagai negara yang memiliki peraturan ketat dalam segala hal. Tapi semua mulai berubah. Untuk menghapus kesan konservatif itu, Arab Saudi menggelar Festival musik Jazz pertamanya.

Dilansir Antara, Minggu (25/2/2018), warga lokal maupun turis asing memadati festival musik Jazz yang pertama kali digelar di Arab Saudi itu. Para penonton ikut bernyani bersama ketika penyanyi asal Lebanon Chady Nashef membawakan lagu 'Hotel California' milik The Eagles.

Badan Hiburan Umum Arab Saudi mengumumkan, mereka akan menggelar lebih dari 5 ribu pertunjukan, festival dan konser selama 2018. Rencana tersebut dipicu motif ekonomi kreatif untuk tidak lagi tergantung pada minyak bumi semata.

"Saya sangat gembira karena bangun tidur tadi pagi dan pergi ke festival jazz, tampil di hadapan penonton, warga saya," kata Saleh Zaid, musisi lokal anggota grup musik Min Riyadh.

"Saya tidak bisa menggambarkan perasaan gembira saya," katanya menambahkan.

Sebelumnya, perlahan negara kerajaan itu mulai terbuka dengan berbagai larangan konservatifnya. Hal itu ditandai dengan dicabutnya larangan menonton bioskop yang sudah berlangsung selama 35 tahun. Dan yang sempat bikin heboh adalah mencabut larangan mengemudi bagi perempuan.

Rekomendasi